Kreativitas guru membimbing peserta didik untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Al-qur’an : Penelitian di SD Al-Falah Boarding School Cicalengka Bandung

Roudhah, Nabila (2023) Kreativitas guru membimbing peserta didik untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Al-qur’an : Penelitian di SD Al-Falah Boarding School Cicalengka Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan mengenai kendala pembelajaran Al-Qur'an di SD Alfalah Boarding School, hal karena terdapat peserta didik yang sulit melafalkan Al-Qur’an dengan baik, sulit menghafal Al-Qur’an, Lupa akan ayat yang telah di hafal, dan jarang mengulang (Murojaah) hafalan Al-Qur’an. sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi hal tersebut guru SD Al-Falah selalu mengecek bacaan Al-Qur’an setiap siswa, adanya kegiatan tahsin, takrir dan hafalan setiap hari senin – kamis pagi, dan juga penampilan siswa untuk mengukur hafalan siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) kreativitas guru dalam pembelajaran Al-Qur‘an di SD Al-Falah Boarding School 2) perhatian siswa terhadap pembelajaran Al-Qur‘an di SD Al-Falah Boarding School. 3) hasil dari adanya kreatifitas guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur‘an di SD Al-Falah Boarding School. 4) hasil dari adanya kreatifitas guru terhadap motivasi siswa dal dalam pembelajaran Al-Qur‘an di SD Al-Falah Boarding School. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa untuk mewujudkan peningkatan hasil dan motivasi belajar siswa ialah dengan 1) adanya kreatifitas guru dalam mengajar dengan penggunaan metode yang baik. 2) upaya guru dan sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an. 3) adanya koordinasi yang baik antara guru dan orang tua dalam perkembangan pembelajaran Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif, yang mana teknik pengumpulan datanya didapatkan melalui observasi, wawancara dan telaah dokumen. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil 1) Kreatifitas guru dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD Al-Falah Boarding School Cicalengka Bandung, ini sudah dilakukan dengan baik, yang ditunjukan dengan adanya berbagai metode yang baik dalam pembelajaran Al-Qur’an, seperti Murojaah, Tahsin, Hafalan, Nada / Lagu Bayyati ,Sambung ayat, Tebak ayat, Soal, Estafet ayat. 2) Perhatian siswa terhadap pembelajaran Al-Qur’an juga sudah baik, ditandai dengan siswa senang dalam pembelajaran Al-Qur’an. 3) hasil kretifitas guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD Al-Falah Boarding School telah terlaksana dengan baik yang ditunjukan evaluasi yang baik yaitu evaluasi harian, evaluasi mingguan, evaluasi bulanan. 4) hasil kreatifitas guru terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD Al-Falah Boarding School sudah terlaksana dengan baik yang ditunjukan dengan cara guru dan sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an, yaitu : a) memperbaiki kualitas guru, yaitu dengan adanya diklat dan pengajian mingguan yang dilakukan sekolah agar guru Al-Qur’an di SD Al-Falah Boarding School ini menjadi SD yang berkualitas; b) siswa mengharuskan mencapai targetan hafalan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Al-Qur'an; Guru
Subjects: Islam > Koran
Islam > Recitation and Reading
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Roudhah
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:17
Last Modified: 29 Dec 2023 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83689

Actions (login required)

View Item View Item