Respon siswa terhadap keterampilan variasi stimulus guru PAI hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung

Fauzi, Akmal (2023) Respon siswa terhadap keterampilan variasi stimulus guru PAI hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yang kurang dalam mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung, padahal guru sudah berupaya menciptakan kegiatan pembelajaran dengan berbagai variasi mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Respon siswa terhadap keterampilan variasi stimulus guru PAI di kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung; 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung; 3) Respon siswa terhadap keterampilan variasi stimulus guru PAI hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung. Berdasarkan teori yang ada, respon dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Respon merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada aspek psikologis yang termasuk ke dalam faktor internal. Respon akan menghadirkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara respon siswa terhadap keterampilan variasi stimulus guru PAI dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sumber penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung dengan populasi 196 siswa dan diambil sampel sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis parsial, dan analisis korelasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan 1) Respon siswa terhadap keterampilan variasi stimulus guru PAI memiliki angka rata-rata 3,98. Angka tersebut termasuk pada kategori positif karena berada pada skala interval 3,40 – 4,19. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP PGRI Kota Bandung memiliki angka rata-rata 3,70. Angka tersebut termasuk pada kategori tinggi karena berada pada skala interval 3,40 – 4,19. 3) Respon siswa terhadap keterampilan variasi stimulus guru PAI hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP PGRI 10 Kota Bandung termasuk dalam kategori korelasi sangat kuat. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien korelasi sebesar 0,97 yang berada pada skala interval 0,90 – 1,00. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 24,25 > ttabel 2,024. Adapun pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 76% dan sisanya 24% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keterampilan siswa; stimulus guru; motivasi belajar
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akmal Fauzi
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:16
Last Modified: 02 Jan 2024 01:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83691

Actions (login required)

View Item View Item