Peran kepemimpinan K.H. Ainul Yakin dalam meningkatkan perilaku santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren As-Syafiiah Pondok Gede Bekasi Selatan

Arsendi, Nabil Rizqi (2023) Peran kepemimpinan K.H. Ainul Yakin dalam meningkatkan perilaku santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren As-Syafiiah Pondok Gede Bekasi Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB1)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Sistem dan lembaga pesantren telah dimodernisasi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga kurikulum yang sesuai dengan tujuan kelembagaan lembaga akan terpengaruh secara otomatis. Pesantren harus mampu menjaga ciri-ciri pesantren tetap hidup di tengah peradaban. Fungsi pesantren sebagai perantara dalam pendidikan seharusnya menjadi dinamisator dan katalisator pemberdayaan sumber daya manusia dan penggerak kemajuan. Oleh karena itu, peran kepemimpinan yang ada didalamnya serta para pengurus pesantren harus menunjukkan pendekatan yang sensitif dan responsif terhadap perkembangan sosial tanpa terkecuali terhadap perilaku santri yang kini, kian mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. Penelitian ini bertujuan untuk, peran kepemimpinan interpersonal role K.H. Ainul Yakin, peran kepemimpinan informational role KH Ainul Yakin, peran kepemimpinan decision making KH Ainul Yakin. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian lapangan ialah metode deskriptif yaitu suatu metode yang mendapatkan rumusan masalah. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis data yang termasuk dalam pendekatan kualitatif karena dapat dikelompokkan dalam rumusan masalah yang sudah dipaparkan. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Henry Minzberg (2014:6) menyatakan bahwa peran kepemimpinan meliputi beberapa peran yaitu, peran interpersonal role (figurhead, leader dan liason), informational role (monitor and desiminator, dan spoke person) dan decision making (enterpreneur, distrubance handler, resource handler dan negotiator). Hasil penelitian dari peran kepemimpinan K.H. Ainul Yakin dalam meningkatkan perilaku santri adalah sangat signifikan. Sebagai seorang pemimpin pesantren yang mengemban tanggung jawab dalam mengelola dan membimbing para santri, K.H. Ainul Yakin telah menunjukkan komitmen dan dedikasi yang tinggi untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan berbudaya Islami. K.H. Ainul Yakin Berhasil menjadi panutan dan teladan bagi santri dengan memperlihatkan perilaku Islami yang baik K.H. Ainul Yakin juga telah menajalankan perannya sebagia pembicara dan mengawasi segala kegiatan santri yang ada di Pondok Pesantren As�Syafiiyah. Dalam menghadapi masalah atau gangguan di lingkungan pesantren, K.H.Ainul Yakin juga menunjukkan keterampilan sebagai disturbance handler yang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemimpinan Kiayi; Pondok Pesantren
Subjects: Knowledge
Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Arsendi Nabil
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:50
Last Modified: 02 Jan 2024 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83698

Actions (login required)

View Item View Item