Optimalisasi pelayanan program masjid dalam meningkatkan kualitas pelayanan jamaah: Studi deskriptif pada masjid besar Ar-Rahman Tegal Gundil Bogor Utara

Wahyudi, Nuno Arizky (2023) Optimalisasi pelayanan program masjid dalam meningkatkan kualitas pelayanan jamaah: Studi deskriptif pada masjid besar Ar-Rahman Tegal Gundil Bogor Utara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai rumah Allah, tentunya masjid menyediakan fasilitas dan pelayanan yang dapat menjadikan jamaah merasa nyaman saat berada di dalamnya. Masjid Besar Ar-Rahman memiliki tingkat kebersihan yang sangat baik, fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, serta mendapat ulasan positif dari jamaah di internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pelayanan program masjid dalam meningkatkan kualitas pelayanan jamaah. Teori yang digunakan model SERVQUAL yaitu lima dimensi kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh A. Parasuraman, Valarie Zeithaml, dan Leonard Berry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan bukti terkait pelayanan yang diberikan di Masjid Besar Ar-Rahman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Masjid Besar Ar-Rahman memiliki fasilitas dan prasarana yang memadai, dijaga dengan baik, dan mencapai standar tinggi dalam hal kebersihan dan kenyamanan. Upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas adalah langkah positif. 2) Masjid ini telah mencapai tingkat keandalan yang baik dalam menyediakan layanan sesuai dengan janji, terutama dalam merespons masalah-masalah kecil. Namun, ada potensi untuk meningkatkan aspek-aspek lain seperti keamanan, ketertiban, dan kenyamanan. 3) Masjid ini menciptakan lingkungan pelayanan yang responsif, dengan interaksi positif antara pengurus dan jamaah serta penanganan keluhan jamaah yang efisien. Ini telah memenuhi harapan jamaah dan menjaga hubungan erat antara pengurus dan jamaah. 4) Masjid ini memberikan jaminan pelayanan melalui aspek keamanan fisik dan kompetensi pengurus. Perbaikan keamanan fisik mungkin diperlukan untuk menghindari insiden kecil seperti pencurian. 5) Pengurus masjid di Masjid Besar Ar-Rahman menerapkan prinsip empati dalam tugas mereka dan menciptakan lingkungan yang ramah serta memberikan dukungan dalam berbagai aspek kehidupan jamaah. Masjid ini berperan sebagai tempat persaudaraan dan dukungan sosial bagi komunitas muslim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Pelayanan; Masjid; Kualitas Pelayanan
Subjects: Islam
Islam > Mosques
Islam > Rites, Prayer
Islam > Islamic History
Islam > Organizations of Islam
Islam > Da'wah
General Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Arizky Nuno
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:28
Last Modified: 03 Jan 2024 06:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83740

Actions (login required)

View Item View Item