Tradisi membaca surah Al-Waqiah dan Al-Mulk setelah shalat fardu : Studi Living Qur’ān di Pondok Pesantren Modern Daar El-Hikam

Nufus, Habibatullah Zakiah (2023) Tradisi membaca surah Al-Waqiah dan Al-Mulk setelah shalat fardu : Studi Living Qur’ān di Pondok Pesantren Modern Daar El-Hikam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunuung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB 2.)
BAB 2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)

Abstract

Kerap terjadi di kalangan masyarakat saat ini pemahaman al-Qur’an yang tidak mengacu pada pesan tekstual, tetapi berlandaskan dengan anggapan adanya “faḍīlah” dari unit-unit tertentu teks al-Qur’an bagi kepentingan praktis kehidupan keseharian. Setiap ayat Al-Qur’an memiliki manfaat masing-masing baik itu sebagai obat, terapi penyembuhan, maupun sebagai pencegah penyakit dan sebagainya. Namun pada kenyataannya sekelompok masyarakat lebih memilih surah-surah tertentu atau ayat-ayat tertentu saja yang dibaca atau diamalkan. Padahal tidak ada keterangan dalam Al-Qur’an yang menyatakan harus surah itu saja yang dibaca. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menggunakan teknik observasi partisipatif sehingga data yang diperoleh dianalisis dengan menjelaskan fakta yang ada di lapangan sehingga dapat diambil kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Praktik Pembacaan Surah al-Wāqi’ah dan surah Al-Mulk di Pondok Pesantren Daar el-Hikam ini dibacakan secara tartil, menghadap kiblat, proses pelaksanaannya sebelum membaca surah al-Wāqiʻah dan Al-Mulk para santri membaca wirid terlebih dahulu setelah salat berjamaah dilanjutkan dengan pembacaan sholawat nariyah sebelas kali, membaca tahlil setelah itu membaca surah al-fatihah kemudian barulah membaca surah al-Wāqiʻah setelah berjamaah Isya dan begitu pun surah Al-Mulk setelah berjamaah Subuh secara bersama-sama yang dipimpin oleh imam salat yang menjadi pengurus dengan menggunakan pengeras suara. Manfaat yang dirasakan santri adalah dapat mengamalkan hadis Nabi Muhammad Saw, terbiasa membaca al-Qur’an sekaligus menjadi sarana untuk memperbaiki bacaan dan memperlancar bacaan al-Qur’an, santri banyak yang sudah hafal surah al-Wāqi’ah dan Al-Mulk dengan sendirinya, santri merasa lebih tenang, membuka pintu rezeki bagi orang tua dan dilancarkan dalam segala urusan oleh Allah Swt, uang jajan dari orang tua Alhamdulillah jadi bertambah mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka dan tidur menjadi tenang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Living Quran; surah al-Waqiah; al-Mulk
Subjects: Islam
Islam Umum
Social Groups
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Habibatulloh Zakiah Nufus
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:56
Last Modified: 03 Jan 2024 06:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83753

Actions (login required)

View Item View Item