Konstruksi media pada laporan khusus penembakan 6 Laskar FPI Kompas Tv : Analisis Framing terhadap teks transkrip tayangan Aiman episode Teka-Teki Maut di Kilometer 50, 7 Desember 2020

Alatas, Sharifah Vidaa Fatimah (2022) Konstruksi media pada laporan khusus penembakan 6 Laskar FPI Kompas Tv : Analisis Framing terhadap teks transkrip tayangan Aiman episode Teka-Teki Maut di Kilometer 50, 7 Desember 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.docx.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab ii.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB III)
bab iii.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)

Abstract

Penembakan 6 Laskar FPI pada awal Desember 2020 menjadi puncak konflik antara FPI dengan Pemerintah pasca kedatangan Rizieq Shihab kembali ke Indonesia. 6 Laskar Khusus FPI yang kala itu mengawal perjalanan Pimpinan FPI Rizieq Shihab meregang nyawa ditembak petugas kepolisian. Media berbondong menyoroti konflik ini. Apalagi dengan adanya saling tuduh dan perbedaan versi yang mencuat dari kedua belah pihak, yakni FPI dan Polisi. Penelitian ini memilih program Aiman Kompas Tv sebagai objek penelitian dalam peliputan Insiden Penembakan 6 Laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek. Menganalisa bagaimana framing Kompas Tv terhadap pemberitaan isu FPI menarik, melihat latar belakang sejarah dan hubungan antar FPI-Kompas sebagai sebuah media yang beberapa kali sempat bersitegang. Selain itu, program Aiman juga membahas suatu isu dengan lebih komprehensif dibandingkan dengan sekedar berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui framing dari Pemberitaan Aiman Kompas Tv terkait Penembakan 6 Laskar Khusus FPI di Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek yang dikemas oleh Aiman dalam episode Teka-Teki Maut di KM 50. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisa 5 bagian tayangan Aiman episode Teka-Teki Maut di KM 50. Berdasarkan hasil penelitian diketahui framing Aiman terhadap insiden penembakan 6 Laskar Khusus FPI di Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek yakni memfokuskan adanya dua perbedaan versi antara FPI dan Polisi yang berbeda kronologi dan lokasi. Dimana kedua versi tersebut telah menyebar dan menjadi keruh di masyarakat. Penyebab dari adanya dua versi tersebut karena salah satu pihak memanipulasi fakta. Namun masyarakat diminta tidak terbawa dengan spekulasi-spekulasi yang terus menyebar dan fokus pada pembuktian statement. Terakhir, Treatment recommendation Aiman Kompas Tv dalam isu Penembakan 6 Laskar Khusus FPI adalah pembentukan Tim Independen guna melakukan investigasi kasus ini dan menyerahkan seluruh proses investigasi kepada Tim Independen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Framing; Kompas TV; FPI; Penembakan di KM 50
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sharifah Vidaa Fatimah Alatas
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:01
Last Modified: 04 Jan 2024 02:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83775

Actions (login required)

View Item View Item