Permana, Hidayat Aji (2023) engaruh Model Project Based Learning dalam pembelajaran (PAI) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa : Penelitian kuasi eksperimen di SD Kecamatan Ciwidey- Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
COVER.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak watermark.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di kelas 5 SD Negeri di Ciwidey Kabupaten Bandung, yakni mengenai cara berpikir siswa pada mata pelajaran PAI, mestinya siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang tinggi. Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak siswa yang kemampuan berpikir kreatifnya rendah. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran yang dilaksanakan bersifat monoton sehingga siswa merasa jenuh dan bosan ketika belajar. Maka dari itu, salah satu upaya untuk meningkatkan dan memperbaiki minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI adalah dengan menerapkan model baru, yaitu model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Implementasi model project based learning (PjBL) dalam pembelajaran PAI Kelas 5 di SDN Ciwidey 01 dan SDN Panyocokan, Pengaruh Implementasi model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan mengetahui respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran project based learning (PjBL) Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Berdasarkan teori yang ada, bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai macam metode pembelajaran yang digunakan, salah satunya model project based learning (PjBL). Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh implementasi model project based learning (PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PAI di kelas 5 SD Negeri di kecamatan ciwidey kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan bentuk Nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket kemampuan berpikir kreatif dan dokumentasi. Adapun analisis hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Samples t- Test, dengan jumlah sampel sebanyak 120 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi model project based learning (PjBL pembelajaran PAI di kelas 5 SD Negeri Ciwidey 01 terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan aktivitas guru diperoleh rata- rata sebesar 95% yang termasuk pada kategori “Sangat Baik”. Hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata- rata sebesar 79,32% yang termasuk pada kategori “Baik”, sama halnya dengan Penerapan model project based learning (PjBL pembelajaran PAI di kelas 5 SD Negeri Panyocokan terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan aktivitas guru diperoleh rata- rata sebesar 91% yang termasuk pada kategori “Sangat Baik”. Hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata- rata sebesar 75,42% yang termasuk pada kategori “Baik”. (2) Respon siswa terhadap model project based learning (PJBL) pada pembelajaran PAI di kelas 5 SD Negeri Ciwidey 01, pada kelas eksperimen (5 A) termasuk dalam kategori “tinggi” dengan rata- rata skor angket 90,30, sedangkan pada kelas kontrol (5 A) termasuk dalam kategori “sedang” dengan rata- rata skor angket 77,40 sedangkan di kelas 5 SD Negeri Panyocokan, pada kelas eksperimen (5 A) termasuk dalam kategori “tinggi” dengan rata- rata skor angket 90,25, sedangkan pada kelas kontrol (5 A) termasuk dalam kategori “sedang” dengan rata- rata skor angket 77,30 dan (3) Terdapat pengaruh Pengaruh Implementasi model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran PAI kelas 5 di SDN Ciwidey 01 dan SDN Panyocokan Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Hal ini berdasarkan analisis hipotesis pada kedua kelompok menggunakan uji Independent Sample t-Test yakni diperoleh hasil 0,002<0,05 untuk SD Negeri Ciwidey 01 dan diperoleh hasil 0,001<0,05 untuk SD Negeri Panyocokan, yang berarti nilai Sig (2-tiled) lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kreatif; Project Based Learning (PjBL); Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | Education > Psychology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Arham Dzulkifli |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 06:52 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 06:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83794 |
Actions (login required)
View Item |