Materi bimbingan keluarga Islami untuk menanamkan nilai keagamaan pada Anak Usia Dini menurut buku Creative Islamic Parenting : Analisis wacana model Teun A Van Dijk

Fajriah, Hilaliyatul (2023) Materi bimbingan keluarga Islami untuk menanamkan nilai keagamaan pada Anak Usia Dini menurut buku Creative Islamic Parenting : Analisis wacana model Teun A Van Dijk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena kemerosotan moral yang semakin melanda dikalangan anak-anak dan remaja. Anak merupakan mahluk yang masih membawa harapan untuk berkembang. Secara jasmani ataupun rohani dia mempunyai jasmani yang belum menggapai tingkat kematangan, baik bentuk, kekuatan ataupun perimbangan lainnya. Secara tidak langsung dapat membuat anak menyimpang dalam perilakunya. Hal tersebut menjadikan perlunya bimbingan keluarga untuk menanamkan nilai keagamaan sejak anak usia dini. Agar perilaku anak tidak keluar dari ajaran agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji nilai keagamaan diantaranya nilai aqidah, nilai akhlak, nilai ibadah, dan nilai bimbingan keluarga untuk mengetahui apakah buku Creative Islamic Parenting dapat dijadikan sebagai materi bimbingan keluarga Islami. Penelitian ini bertolak pada kerangka pemikiran tentang nilai-nilai keagamaan, nilai bimbingan keluarga islam, dan analisis wacana untuk mengetahui nilai-nilai keamaan yang terkandung dalam buku Creative Islamic Parenting yang didalamnya terdapat aqidah sebagai keyakinan terhadap ke-Esa-an Allah Swt yang terbebas dari keraguan, akhlak sebagai tingkah laku seorang hamba dalam berinteraksi dengan sang Khaliq dan berinteraksi dengan baik antar sesama makhluk, nilai ibadah sebagai bentuk ketundukan seorang hamba terhadap penciptanya, dan metode-metode bimbingan keluarga Islam. Hal ini selaras dengan upaya untuk mengerahkan bimbingan keluarga islami terbaik yaitu dengan menerapkan metode islami untuk menanamkan nilai keagamaan pada anak usia dini Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk dan mencari data dari dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, telah ditemukan nilai-nilai keagamaan yang terdapat dalam buku ini yaitu nilai aqidah (Allah SWT sebagai tempat bergantung manusia dan hidup berpedoman pada Al-Qur’an), nilai ibadah (segala aktivitas yang dilakukan harus semata-mata hanya karena Allah SWT), nilai akhlak (kebaikan seseorang akan memberikan manfaat untuk orang lain dan diri sendiri). Ditemukan juga beberapa nilai bimbingan keluarga dalam buku ini, yang menjadikan buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu materi untuk panduan menanamkan nilai keagamaan pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Keagamaan; Bimbingan Keluarga Islam; Anak Usia Dini;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Hilaliyatul Fajriah
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:43
Last Modified: 05 Jan 2024 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83817

Actions (login required)

View Item View Item