Implementasi Peraturan Bupati Garut nomor 3 tahun 2016 tentang pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Pembelanjaan dan Toko Modern di Kecamatan Tarogong kidul studi Siyasah Dustruriyah

Hudha, Deden Ilham Alfi (2020) Implementasi Peraturan Bupati Garut nomor 3 tahun 2016 tentang pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Pembelanjaan dan Toko Modern di Kecamatan Tarogong kidul studi Siyasah Dustruriyah. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa sistem pola penempatan minimaerket yang sering kali tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku dan juga menyalahi aturan yang berlaku di Indonesia yang berakibat kepada pemerintahan kota atau kabupaten, yang kemudian dianggap tidak konstitusional dan keluar dari aturan yang berkaitan dengan tata letak dan penempatan minimarket di wilayah garut terkhusus Tarogong kidul. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, Mengetahui Syarat/ketentuan Mendirikan minimarket di kecamatan tarogong kidul. Kedua. Mengetahui hirarki regulasi penataan pasar tradisional dan pasar modern. Ketiga Mengetahui dampak pemberian izin pendirian pasar modern,keempat asas dan pijakan siyasah dusturiyah terkait implementasi peraturan. Teori yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah merujuk pada teori menegemen, teori kontrak sosial dan teori konstitusi serta konsep siyasah dusturiyah yang menjadi pisau analisi penulis terhadap implementasi peraturan bupati garut Nomor 3 tahunn 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif analisis, yaitu metode yang tujuannya memberikan gambaran secara sistematik, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antara kejadian yang diselidiki untuk kemudian dianalisis. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yudikatif normatif, Yuridiksi Normatif adalah penelitian yang dilkukan dengan cara meneliti data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka (pustaka librariy) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penetapan syarat pendirian minimarket ditentukan sepihak oleh pemerintah, hirarki regulasi penataan pasar tradisional dan modern tidak mengatur konsekuensi dan sanksi apabila aturan tersebut di langgar, dampak pemberian izin pendirian pasar modern terhadap pasar tradisional akibat dari berdirinya minimarket disekitaran pasar tradisional mengakibatkan Sosial ekonomi masyarakat menurun drastis dikarenakan para pembeli lebih banyak berpidah pada minimarket dalam hal daya belinya, dan Proporsional antara Mafsadat dan Mashlahat, yang mana pemeberian izin hanya memperhatikan jarak dan prasyarat, tidak memperhatikan nasib pedagang kecil yang gulung tikar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teori Manageme; Teori Kontrak Sosial; Teori Konstitusi; Konsep Siyasah Dusturiyah;
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Administration of Economy
Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Deden Ilham Alfi Hudha
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:16
Last Modified: 09 Jan 2024 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83898

Actions (login required)

View Item View Item