Pemahaman siswa terhadap Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 serta hadits tentang toleransi, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah: Penelitian pada siswa kelas XI SMK Bakti Nusantara Cileunyi Bandung

Faiza, Syahrena Nur (2023) Pemahaman siswa terhadap Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 serta hadits tentang toleransi, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah: Penelitian pada siswa kelas XI SMK Bakti Nusantara Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Bakti Nusantara 666, dipelajari mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang salah satu materinya menjelaskan tentang Q.S. Yunus/10: 40-41dan Q.S. Al-Maidah/5: 32 serta hadits tentang toleransi, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan. Secara keseluruhan, siswa mengikuti pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada materi tersebut, dan SMK Bakti Nusantara 666 ini juga memiliki Budaya “SAJUTA” (Santun, Jujur dan Taat), melihat budaya yang ditanamkan di SMK Bakti Nusantara tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mendalam terkait hubungan antara pemahaman siswa tehadap materi dan akhlak mereka di sekolah, yang kemudian dirumuskan dalam judul penelitian sebagai berikut: “Pemahaman Siswa Terhadap Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5: 32 serta Hadits Tentang Toleransi, Rukun dan Menghindarkan Diri dari Tindak Kekerasan Hubungannya dengan Akhlak Mereka di Sekolah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pemahaman siswa terhadap Q.S. Yunus/10: 40-41 Dan Q.S. Al-Maidah/5: 32 serta hadits tentang toleransi, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan. 2) Akhlak siswa di sekolah. 3) Hubungan antara pemahaman siswa terhadap Q.S. Yunus/10: 40-41 Dan Q.S. Al-Maidah/5: 32 serta hadits tentang toleransi, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini didasari pemikiran bahwa pemahaman merupakan potensi yang harus dimiliki oleh seorang pelajar, karena hal itu akan mempengaruhi sikap dan perilakunya di sekolah maupun di dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pemikiran tersebut, hipotesis penelitian ini adalah semakin tinggi pemahaman siswa terhadap Q.S. Yunus/10: 40-41 Dan Q.S. Al-Maidah/5: 32 serta hadits tentang toleransi, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, maka semakin baik juga Akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antar variabel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji t (hipotesis). Hasil penelitian menunjukan : 1) Pemahaman siswa kelas XI di SMK Bakti Nusantara 666 terhadap materi Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5: 32 serta hadits tentang toleransi, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 70,87 yang berada pada skala 70 – 79. 2) Akhlak siswa kelas XI di SMK Bakti Nusantara 666 termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,10 yang berada pada skala 3,5 – 4,5. 3) Hubungan pemahaman siswa terhadap materi Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5: 32 serta hadits tentang toleransi, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan dengan akhlak mereka di sekolah termasuk kategori lemah atau rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,35 yang berada pada skala 0,20 – 0,40. Derajat pengaruh variabel X dan variabel Y sebesar 6%. Dengan demikian, masih terdapat faktor lain sebesar 94% yang dapat mempengaruhi akhlak mereka di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Akhlak; Q.S. Yunus/10: 40-41; Q.S. Al-Maidah/5: 32
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrena Nur Faiza
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:17
Last Modified: 09 Jan 2024 03:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83908

Actions (login required)

View Item View Item