Faktor penunjang dan penghambat pengawasan dan pengendalian alkohol terhadap anak dibawah umur di Kabupaten Tangerang tinjauan Siyasah Dusturiah

Hidayat, Rizal Syauqi (2023) Faktor penunjang dan penghambat pengawasan dan pengendalian alkohol terhadap anak dibawah umur di Kabupaten Tangerang tinjauan Siyasah Dusturiah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_daftar Isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (832kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang Nomor 9 Tahun 2008 Tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol, tetapi produk hukum tersebut kurang berjalan dengan maksimal karena ditemukanya fakta dilapangan perederan minuman beralkohol terhadap anak dibawah umur masih terjadi. Adanya pelanggaran tentang tersebut menandakan kurang maksimalnya kinerja dari Pemerintah Kabupaten Tangerang Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam menjalankan Peraturan Daerah yang sudah ditetapkan. Mengetahui faktor penunjang dan penghambat dalam melaksanakan Perda No. 9 Tahun 2008. Dan mengetahui Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap Kinerja Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam melaksanakan Peraturan Daerah No. 9 Tahun 2008 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teori, yaitu: Teori Efektivitas Hukum, Teori Implementasi Hukum dan teori siyasah dusturiyah yang berkaitan dengan teori maslahah. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis empiris. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, pengamatan (observasi) dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa dalam melaksanakan kewenanganya, Satpol PP bekerja sama dengan polsek disekitar dan juga seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan bersama dan mengadakan Operasi Trantibtum. Tetapi dalam pelaksanaanya Satpol PP juga mendapat hambatan yang menghambat dalam pengawasan dan pengendalian. Dalam mekanisme pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2008, Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan kewenanganya kepada Satpol PP untuk mengawal serta memaksimalkan tujuan dari Peraturan Daerah tersebut. Dan tinjauan siyasah dusturiyah terkait kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dalam mengawasi dan mengendalikan minuman beralkohol telah sesuai dengan prinsip menghilangkan kemudharatan sehingga tercipta kemaslahatan bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan; pengendalian; alkohol
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Rizal Syauqi Hidayat
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:59
Last Modified: 09 Jan 2024 06:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83909

Actions (login required)

View Item View Item