Labibah, Sayyidah Luthfiyah (2023) Aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at dan hubungannya dengan kefasihan membaca Al-Qur’an : Penelitian korelasional terhadap siswa di MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftar isi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Download (683kB) | Preview |
|
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Miftahul Falah Kota Bandung didapatkan informasi bahwa aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at berjalan dengan cukup baik. Di sisi lain juga pengajar sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membimbing siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at. Idealnya seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih dan tartil. Akan tetapi pada kenyataannya, masih ditemukan beberapa siswa yang sudah bisa membaca Al-Qur’an, akan tetapi kelancaran dan pelafalan siswa dalam membaca Al-Qur’an masih kurang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Aktivitas Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’at 2) Kefasihan membaca Al-Qur’an Siswa yang mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’at 3) Hubungan Aktivitas Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’at dengan Kefasihan mereka Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui, apabila aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at meningkat maka kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an akan meningkat. begitupun sebaliknya. Pendekatan penelitian ini disajikan dalam bentuk pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Jenis data yang diperoleh berupa data logistik kualitatif dan data statistic kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun analisis datanya dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji korelasi pearson, analisis koefesien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan simpulan: 1) Realitas Aktivitas Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’at (variabel X) di MTs Miftahul Falah Kota Bandung ditunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,20 yang berada pada interval 2,60–3,39 dengan kategori sedang. 2) Realitas Kefasihan Siswa dalam Membaca Al-Qur’an (variabel Y) di MTs Miftahul Falah Kota Bandung ditunjukkan nilai rata-rata sebesar 2,90 yang berada pada interval 2,60–3,39 dengan kategori cukup. 3) Realitas hubungan antara variabel X dengan variabel Y ditunjukkan dengan skor sebesar 0,795 yang berada pada interval (0,61-0,80) dengan kategori korelasi kuat. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,938 dan nilai t-tabel=1,70113. Dengan demikian t-hitung > t-tabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Artinya aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at memiliki hubungan yang signifikan terhadap kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Nilai R-Square sebesar 0,632, artinya kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an dapat dipengaruhi oleh aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at, yaitu sebesar 63,2% dan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh faktor lain seperti teman sebaya, pengajar dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas; Ekstrakurikuler Qiro’at; Kefasihan. |
Subjects: | Education, Research Science and Religion Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Luthfiyah Labibah Sayyidah |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:02 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83926 |
Actions (login required)
View Item |