Aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at dan hubungannya dengan kefasihan membaca Al-Qur’an : Penelitian korelasional terhadap siswa di MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Labibah, Sayyidah Luthfiyah (2023) Aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at dan hubungannya dengan kefasihan membaca Al-Qur’an : Penelitian korelasional terhadap siswa di MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftar isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Miftahul Falah Kota Bandung didapatkan informasi bahwa aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at berjalan dengan cukup baik. Di sisi lain juga pengajar sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membimbing siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at. Idealnya seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih dan tartil. Akan tetapi pada kenyataannya, masih ditemukan beberapa siswa yang sudah bisa membaca Al-Qur’an, akan tetapi kelancaran dan pelafalan siswa dalam membaca Al-Qur’an masih kurang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Aktivitas Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’at 2) Kefasihan membaca Al-Qur’an Siswa yang mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’at 3) Hubungan Aktivitas Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’at dengan Kefasihan mereka Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui, apabila aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at meningkat maka kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an akan meningkat. begitupun sebaliknya. Pendekatan penelitian ini disajikan dalam bentuk pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Jenis data yang diperoleh berupa data logistik kualitatif dan data statistic kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun analisis datanya dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji korelasi pearson, analisis koefesien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan simpulan: 1) Realitas Aktivitas Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’at (variabel X) di MTs Miftahul Falah Kota Bandung ditunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,20 yang berada pada interval 2,60–3,39 dengan kategori sedang. 2) Realitas Kefasihan Siswa dalam Membaca Al-Qur’an (variabel Y) di MTs Miftahul Falah Kota Bandung ditunjukkan nilai rata-rata sebesar 2,90 yang berada pada interval 2,60–3,39 dengan kategori cukup. 3) Realitas hubungan antara variabel X dengan variabel Y ditunjukkan dengan skor sebesar 0,795 yang berada pada interval (0,61-0,80) dengan kategori korelasi kuat. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,938 dan nilai t-tabel=1,70113. Dengan demikian t-hitung > t-tabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Artinya aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at memiliki hubungan yang signifikan terhadap kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Nilai R-Square sebesar 0,632, artinya kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an dapat dipengaruhi oleh aktivitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler Qiro’at, yaitu sebesar 63,2% dan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh faktor lain seperti teman sebaya, pengajar dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Ekstrakurikuler Qiro’at; Kefasihan.
Subjects: Education, Research
Science and Religion
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luthfiyah Labibah Sayyidah
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:02
Last Modified: 09 Jan 2024 07:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83926

Actions (login required)

View Item View Item