Retorika Ridwan Kamil dalam menyampaikan pesan dakwah analisis video youtube “Ceramah Tarawih 4 Ramadan 1443 H ~ Dr. (H.C) Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.”

alhusairy, muhamad ilham (2023) Retorika Ridwan Kamil dalam menyampaikan pesan dakwah analisis video youtube “Ceramah Tarawih 4 Ramadan 1443 H ~ Dr. (H.C) Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.”. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Pesan-pesan keagamaan dapat diterima dengan baik oleh komunikan jika menggunakan prosedur dan pendekatan yang baik dan benar. Bagi seorang da'i, retorika menjadi langkah krusial dalam proses dakwah karena merupakan ilmu yang mempelajari seni bertutur kata. Setiap da'i tentunya memiliki gaya dan kepribadian yang unik, serta manfaat yang unik. Dakwah masih terus berkembang hingga saat ini, mulai dari sarana dan media yang digunakan untuk itu. Salah satunya adalah dakwah dengan menggunakan media YouTube. Seperti yang dilakukan Ridwan Kamil, ceramahnya di unggah oleh channel media YouTube Masjid Kampus UGM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana retorika Ridwan Kamil memanfaatkan Ethos, Pathos, dan loghos dalam menyampaikan pesan keagamaan. Kajian ini menggunakan teori retorika Aristoteles yang berpendapat bahwa terdapat tiga pendekatan yang menjadi inti pemikiran retoris, yaitu ethos sebagai ukuran kredibilkitas seorang da'i, pathos sebagai ukuran pemahaman seorang da'i terhadap karakter seorang mad'u dan keadaan emosional, dan loghos sebagai ukuran masuk akal atau cerna pesan secara penggunaan bahasa. Teknik yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah analisis isi content analysis, yang meliputi pemeriksaan dan pengolahan secara metodis isi pesan atau data informasi, baik yang disajikan di media cetak maupun media elektronik. Dalam hal ini, video ceramah Ridwan Kamil di YouTube dianalisis untuk menentukan jenis retorika yang penting untuk komunikasi atau isi komunikasi. Melalui studi literatur dan metodologi observasi, penulis berupaya mengumpulkan bukti-bukti untuk mendukung penelitian ini. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Ridwan Kamil memiliki tingkat dominasi lohgos yang lebih besar. Karena banyak sekali argument yang disampaikan merupakan sebuah pengalaman pribadi tentang perjalanan sebagai seorang pemimpin. Personalnya adalah pribadi yang kritis, berwibawa, dan berpendidikan, sehingga seorang da'i dengan personal ini akan memiliki ethos yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika; ethos; Phatos; Loghos Ridwan Kamil
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhamad Ilham Al husairy
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:27
Last Modified: 10 Jan 2024 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83958

Actions (login required)

View Item View Item