Implementasi layanan konseling individu dalam meningkatkan kesehatan mental remaja : Penelitian di SMPN 1 Jayakerta Kelas VII Kabupaten Karawang Jawa Barat

Musyarofah, Zia Tazkiyatul (2023) Implementasi layanan konseling individu dalam meningkatkan kesehatan mental remaja : Penelitian di SMPN 1 Jayakerta Kelas VII Kabupaten Karawang Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan mental pada remaja merujuk pada kondisi psikologis dan emosional. Ditemukan beberapa masalah kesehatan mental pada siswa kelas VII SMPN 1 Jayakerta. Siswa mengalami tekanan akademik, perubahan sosial, dan tantangan perkembangan diri. Karena hal inilah siswa mengalami depresi, kecemasan, perilaku menyimpang, perilaku merusak diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan mental remaja, mengetahui unsur-unsur layanan konseling terhadap kesehatan mental remaja, dan mengetahui hasil implementasi metode, materi dan media yang digunakan dalam konseling di SMPN 1 Jayakerta. Teori yang digunakan pada peneltian ini adalah teori implementasi konseling individu untuk meningkatkan kesehatan mental pada remaja. Konseling individu merupakan proses konseling yang dilaksanakan oleh guru BK kepada siswa secara individu. Tujuan konseling invidu untuk membantu siswa dalam pengembangan aspek pribadi, sosial, pembelajaran, karir serta untuk meningkatkan permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan mental. Metode yang di gunakan pada penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan instrument penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber primer yang peneliti teliti yaitu dari siswa kelas VII SMPN 1 Jayakerta dan guru BK. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perubahan yang dialami oleh siswa yang memiliki permasalahan kesehatan mental setelah diimplementasikannya konseling individu. Implementasi konseling individu berhasil dalam menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung perkembangan emosional, akademik, dan sosial siswa. Dapat disimpulkan implementasi konseling individu berhasil dilaksanakan dalam meningkatkan kesehatan mental pada remaja khususnya siswa SMP 1 Jayakerta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Mental; Remaja; Konseling Individu;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zia Tazkiyatul Musyarofah
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:22
Last Modified: 10 Jan 2024 08:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83963

Actions (login required)

View Item View Item