Layanan konseling Islami untuk mengembangkan resiliensi remaja : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Pasundan 2 Bandung

Salim, Hamdan (2023) Layanan konseling Islami untuk mengembangkan resiliensi remaja : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Pasundan 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi timbulnya berbagai fenomena dalam proses perkembangan remaja di lingkungan pendidikan yang disebabkan berbagai faktor yang sangat kompleks. Rendahnya tingkat resiliensi dalam diri individu akan menimbulkan kerentanan terhadap resiko negatif yang dapat memicu konflik dalam diri remaja serta mempengaruhi kondisi mental. Oleh karena itu, layanan konseling islami di sekolah berperan membantu setiap individu untuk mampu mengelola dampak negatif menjadi kekuatan dan keterampilan untuk bertahan dalam lingkungan saat tekanan datang dan bangkit kembali menuju keberfungsian normal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program kegiatan layanan konseling islami, pelaksanaan konseling islami dan hasil pelaksanaan layanan konseling islami untuk mengembangkan resiliensi remaja pada siswa di SMP Pasundan 2 Bandung. Penelitian ini berdasarkan dari pemikiran bahwa layanan konseling islami merupakan layanan profesional yang diberikan kepada siswa di sekolah untuk membantu mengembangkan resiliensi dalam proses perkembangan remaja sehingga dapat menjadi pribadi yang resilien di situasi yang penuh rintangan. Penelitian ini dilaksanakan mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini untuk menggambarkan suatu program secara sistematis berdasarkan fakta mengenai layanan konseling islami untuk mengembangkan resiliensi remaja pada siswa di SMP Pasundan 2 Bandung. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa setelah diberikan layanan konseling islami disekolah, siswa SMP Pasundan 2 Bandung memiliki perkembangan resiliensi yang cenderung tinggi. Berdasarkan program yang telah dilaksanakan siswa SMP Pasundan 2 Bandung mampu mencapai indikator dari resiliensi Berdasarkan hasil pengisian angket diketahui bahwa tingkat resiliensi sebagian besar siswa di SMP Pasundan 2 Bandung memiliki persentase resiliensi kategori yang tinggi, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling islami berperan penting dalam mengembangkan resiliensi remaja di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Islami; Remaja; Resiliensi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Hamdan Salim
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:16
Last Modified: 10 Jan 2024 08:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83965

Actions (login required)

View Item View Item