Implementasi Peraturan Daerah nomor 06 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial terhadap anak terlantar di Kota Sukabumi

Ikrimah, Ai Fitriah (2023) Implementasi Peraturan Daerah nomor 06 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial terhadap anak terlantar di Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Masalah Anak Terlantar merupakan masalah sosial yang terjadi di Kota Sukabumi. Pemerintah Kota Sukabumi memiliki kebijakan yang berkaitan dengan permasalahan sosial tersebut yaitu Peraturan Daerah Nomor 06 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial dalam Pasal 2 dengan isi pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan perlindungan dan jaminan sosial. Peraturan inilah yang mendasari pemerintah Kota Sukabumi untuk meminimalisir sebab akibat dari anak terlantar. Berdasarkan data anak terlantar yang ada di Kota Sukabumi tahun 2022 sebanyak 264 jiwa dan data anak terlantar yang terdata di Dinas Sosial tahun 2022 sebanyak 81 jiwa. Ini berarti bahwa tugas Pemerintah Kota Sukabumi masih harus dioptimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) implementasi Peraturan Daerah Nomor 06 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial terhadap Anak Terlantar di Kota Sukabumi, (2) kendala yang dihadapi oleh Dinas Sosial Kota Sukabumi dalam menangani masalah anak terlantar, dan (3) upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Sukabumi dalam menangani masalah anak terlantar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tujuan negara, dan teori negara kesejahteraan dalam memaksimalkan pelaksanaan kesejahteraan anak terlantar dan prinsip hak dan kewajiban warga negara sebagai tinjauan dalam implementasi Peraturan Daerah Nomor 06 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial terhadap Anak Terlantar di Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui informasi data dan fakta mengenai implementasi Peraturan Daerah Kota Sukabumi dalam menangani anak terlantar pada Dinas Sosial Kota Sukabumi. Metode penelitiannya menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis empiris yaitu pendekatan hukum peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan studi empiris kepada Masyarakat. Sumber datanya adalah Dinas Sosial Kota Sukabumi. Hasil penelitian menyatakan bahwa; (1) implementasi Peraturan Daerah Nomor 06 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial terhadap Anak Terlantar di Kota Sukabumi belum berjalan secara optimal karena pemenuhan hak-hak anak belum sepenuhnya sesuai dengan yang diamanatkan, anak terlantar di Sukabumi masih ada yang belum terlayani dan terpelihara oleh Dinas Sosial Kota Sukabumi. (2) kendala yang dihadapi Dinas Sosial Kota Sukabumi yaitu sumber daya yang masih terbilang kurang, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang belum memadai, dan belum mempunyai rumah singgah. (3) upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Sukabumi yaitu melakukan kerjasama dengan pihak terkait, menentukan program prioritas dan melakukan kerjasama dengan panti sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak Terlantar; Implementasi; Perda Nomor 06 Tahun 2016;
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Ai Fitriah Ikrimah
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:57
Last Modified: 23 Jan 2024 04:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84020

Actions (login required)

View Item View Item