Strategi Pondok Pesantren dalam mengembangkan kemampuan public speaking santri melalui kegiatan muhadharah : Studi kasus di Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung

Afifah A, NG Alif (2023) Strategi Pondok Pesantren dalam mengembangkan kemampuan public speaking santri melalui kegiatan muhadharah : Studi kasus di Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang bagaimana mengembangkan kemampuan public speaking santri melalui kegiatan Muhadharah yang menjadi salah satu ekstrakulikuler Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung yang merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang membina dan mengajarkan santri public speaking sebagai salah satu metode strategi dakwah untuk menyiapkan santri yang berkualitas dan bermanfaat bagi umat manusia. Maka dari itu pentingnya pengetahuan tentang bagaimana cara mengembangkan kemampuan public speaking santri dalam kegiatan Muhadharah, dengan demikian penelitian ini akan menjelaskan cara mengembangkan kemampuan public speaking melalui Muhadharah dengan beberapa tahapan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung sebagai langkah mengembangkan kemampuan public speaking melalui kegiatan Muhadharah. Dengan tujuan akan menjelaskan bagaimana mengembangkan kemampuan public speaking melalui Muhadharah dengan tindakan yang nyata dan tepat sasaran. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang merupakan metode penelitian yang melibatkan analisis rinci terhadap suatu kasus tertentu melalui pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti ialah observasi, wawancara, dokumentasi, focus group discussion, analisis data, dan uji kredibilitas. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Pertama, persiapan kegiatan Muhadharah dilakukan dengan adanya persiapan penanggung jawab, penunjukan santri yang akan tampil, persiapan mental santri, persiapan penampilan santri, persiapan materi muhadharah, dan persiapan malam Muhadharah. Kedua, bahwa public speaking melalui penampilan kegiatan Muhadharah yaitu pembawa acara Muhadharah, pembukaan acara dengan tilawah al- qur’an dan sari tilawah, dan public speaking melalui khitobah. Ketiga, evaluasi pelaksanaan kegiatan Muhadharah berupa evaluasi formatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi; pondok pesantren; public speaking; muhadharah;
Subjects: Education > General Publications of Education
Education, Research
Public Performances > Management of Public Performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alif Afifah
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:27
Last Modified: 12 Jan 2024 08:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84031

Actions (login required)

View Item View Item