Intensitas mengikuti Tadarus Al-Qur'an hubungannya dengan kecerdasan Spiritual: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas 9 MTs Ar-Rosyidiyah kota Bandung tahun 2023

Salam, Idris (2023) Intensitas mengikuti Tadarus Al-Qur'an hubungannya dengan kecerdasan Spiritual: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas 9 MTs Ar-Rosyidiyah kota Bandung tahun 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kecerdasan spiritual siswa pada kegiatan Tadarus Al-Qur’an sehingga dapat dilihat dari cara membacanya tidak dengan tartil dan tidak memahami nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Qur’an, Karena Tadarus Al-Qur’an yang baik secara Tartil serta dapat memahami makna yang terkandung didalam Al-Qur’an dapat memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi dan dapat memunculkan keadaan spiritualnya Di Sekolah, Maka dengan mengikuti tadarus Al-Qur’an dapat meningkatkan kecerdasan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) intensitas siswa mengikuti tadarus Al-Qur’an di kelas IX MTs Ar-Rasyidiah Kota Bandung 2) kecerdasan spiritual siswa Di MTs Ar-Rasyidiah Kota Bandung 3) hubungan intensitas mengikuti tadarus Al-Qur’an dengan tingkat kecerdasan spiritual siswa kelas IX di MTs Ar-Rasyidiah kota Bandung. Yang dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2023 Di MTs Ar-Rasyidiah kota Bandung. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian korelasional, Penlitian ini merupakan penelitian lapangan,Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian berjumlah keseluruhannya sebanyak 138 siswa Di kelas IX MTs Ar-Rasyidiah kota Bandung, Maka jumlah sampel yang diambil oleh peneliti sebesar 25% dari 138 siswa dihitung menjadi 35 siswa MTs Ar-Rasyidiah Kota Bandung. Uji validitas instrument menggunakan SPSS 16 dengan korelasi product moment dan reliabilitas juga menggunakan SPSS 16 dengan Cronbach's Alpha. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling . Dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa intensitas tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa adalah a) intensitas siswa mengikuti tadarus Al-Qur’an di MTs Ar-Rosyidiah Kota Bandung berkategori tinggi. Berdasarkan rata-rata seluruh indikator variabel sebesar 3,85. Skor tersebut termasuk pada interval (3,40 – 4,19) ternyata memiliki kualifikasi tinggi b) Kecerdasan spiritual siswa di MTs Ar-Rosyidiah Kota Bandung berkategori kuat. Hal ini berdasarkan rata-rata indikator variabel Y sebesar 3,55. Skor tersebut berada pada interval (3,40 – 4,19) yang ternyata memiliki kualifikasi kuat c) Hubungan intensitas tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa, Hal ini dibuktikan berdasarkan thitung sebesar 3,74 sedangkan ttabel sebesar 3.34 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil tersebut thitung lebih besar dari pada ttabel . Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh intensitas tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa sebesar 30,5% sedangkan sisanya 69,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tadarus Al-Qur'an; kecerdasan Spiritual; Siswa; Madrasah Tsanawiyah
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kritik dan Komentar Mengenai Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Idris Salam
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:06
Last Modified: 19 Jan 2024 02:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84053

Actions (login required)

View Item View Item