Berita kekerasan terhadap jurnalis pada media online : Analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk mengenai berita kekerasan terhadap jurnalis pada Kompas.com edisi Oktober 2020

Mulyani, Ani (2023) Berita kekerasan terhadap jurnalis pada media online : Analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk mengenai berita kekerasan terhadap jurnalis pada Kompas.com edisi Oktober 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover_Ani Mulyani.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Ani Mulyani.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI_Ani Mulyani.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1_Ani Mulyani.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2_Ani Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3_Ani Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4_Ani Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Ani Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

Jurnalis mengalami kekerasan selama demo tolak Undang-undang Cipta Kerja pada Oktober 2020. Kompas.com adalah situs media online yang sering memberitakan kasus kekerasan, termasuk kekerasan yang dialami oleh jurnalis saat meliput demonstrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa teks berita mengenai kekerasan yang dialami oleh jurnalis saat meliput demonstrasi. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif, menggunakan analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk pada tingkat teks. Studi ini tidak hanya menyelidiki isi teks berita tetapi juga kata, kalimat, metafora, dan adjektiva yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; Struktur Makro (1) Tematik, dalam pemberitaan tersebut banyak menonjolkan tema tanggapan para tokoh yang mengutuk kekerasan terhadap Jurnalis. Superstruktur (2) Skematik, berita sudah tersusun secara lengkap dan memenuhi unsur pokok penulisan berita. Struktur Mikro (3) Semantik, banyak makna yang terdapat dalam berita tersebut. (4) Sintaksis, kalimat induktif dan deduktif seimbang. (5) Stilistik, sebagian teks berita menggunakan pilihan kosa kata dan adjektiva. (6) Retoris, banyak menggunakan penekanan, seperti huruf ditebalkan, metafora dan foto da lam berita. Kondisi kognisi sosial wartawan Kompas.com menggambarkan kekerasan yang dialami jurnalis merupakan tindakan yang dikecam, hal itu dapat dilihat pada pemberitaan wartawan Kompas.com yang banyak menuliskan kecaman dari para tokoh mengenai kekerasan tersebut. Secara analisis sosial, terdapat beberapa wacana yang berkembang. Pertama, maraknya pemberitaan ancaman virus corona. Kedua, hasil omnibuslaw banyak merugikan para pekerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media online; Kompas.com; Analisis Wacana Kritis; Teun A. Van Dijk; Demonstrasi; Kekerasan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ani Mulyani
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:24
Last Modified: 16 Jan 2024 01:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84110

Actions (login required)

View Item View Item