Kontribusi sosial yayasan Al Hikmah Mustopa Plered bagi peningkatan kesejahteraan sosial anak yatim piatu dan dhuafa

Sunarya, Ajis (2022) Kontribusi sosial yayasan Al Hikmah Mustopa Plered bagi peningkatan kesejahteraan sosial anak yatim piatu dan dhuafa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta sosial yang menyatakan bahwa masih banyak anak yatim, piatu dan dhuafa yang membutuhkan perananan pemerintah dan masyarakat dalam proses pemenuhan berbagai aspek kebutuhannya supaya memiliki tingkat kesejahteraan sosial seperti anak pada umumnya. Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak LKSA Alhikmah Mustopa Plered hadir sebagai salah satu bentuk solusi dan alternatif untuk proses pemenuhan kebutuhan anak-anak tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengambarkan program apa saja yang dilakukan LKSA Alhikmah Mustopa dalam meningkatkan kesejahteraan sosial anak asuhnya serta untuk mengetahui bagaimana implikasi sosial yang dirasakan oleh anak asuh yang mengikuti rangkaian program-program tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial dari Max Weber. Tindakan sosial merupakan tindakan seorang aktor yang memiliki makna serta motif yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh aktor lain. Ada empat tipe tindakan sosial yang kategorisasikan melalui tingkat rasionalitasnya, yaitu tindakan rasionalitas instrumental, rasionalitas berorientasi nilai, tindakan afektif dan tindakan tradisional. Dan dalam kaitannya dengan kontribusi sosial LKSA Alhikmah Mustopa bagi peningkatan kesejahteraan sosial anak asuh adalah bahwa tindakan yang dilakukan LKSA tersebut didasari tradisi, empati, nilai-nilai yang dianut, serta pertimbangan untuk menggunakan sarana dalam proses tindakannya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh peneliti, dijelaskan secara dinci sesuai dengan kondisi sebenarnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi pada pihak terkait. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer didapat dari LKSA Alhikmah Mustopa dan data sekunder dari studi pustaka. Kemudian, untuk teknik analisis datanya berawal dari lapangan pada masyarakat Desa Selinsing yang selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, LKSA Alhikmah Mustopa ini meningkatkan kesejahteraan sosial anak asuh melalui program-program yang dibuatnya seperti program sekolah dan kajian kitab kuning grtais, program usaha jamur tiram dan program keterampilan. Kedua dampak yang dirasakan anak asuh dari mengikuti program-program tersebut secara umum menambah kepercayaan diri dan menjadikan anak asuh memiliki kemandirian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak Asuh; LKSA; Kesejahteraan Sosial
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ajis Sunarya Yahya
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:32
Last Modified: 15 Jan 2024 06:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84119

Actions (login required)

View Item View Item