Pengaruh budaya sekolah dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SMA IT Sumedang

Kusumah, Nurvina Intan (2023) Pengaruh budaya sekolah dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SMA IT Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Budaya sekolah sangat erat kaitannya dengan tumbuhnya perilaku, nilai-nilai, sikap dan cara hidup untuk melakukan penyesuaian dengan lingkungan, juga berkaitan dengan cara memandang persoalan dan memecahkannya di lingkungan sekolah. Nilai sikap dan cara hidup seseorang dapat dilihat dari kecerdasan emosionalnya, yaitu kemampuan seseorang dalam mengatur, menjaga dan pengungkapan emosinya melalui berbagai keterampilan diri. Sehingga dapat dikatakan kecerdasan emosi lebih berperan ketimbang Intelligence Quotient dalam menentukan siapa yang akan jadi bintang dalam suatu hal, termasuk dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya sekolah dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa secara parsial dan simultan pada SMA IT Insan Sejahtera Sumedang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sejumlah 28 siswa yaitu mengambil 25% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi dengan bantuan IBM SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMA IT Insan Sejahtera. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi budaya sekolah 0.403 > 0.05 dan nilai t hitung (0,850) < t tabel (2,059) dan besar pengaruhnya hanya 9%. Ini berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Kecerdasan emosional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMA IT Insan Sejahtera. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi kecerdasan emosional 0.300 > 0.05 dan nilai t hitung (1,059) < t tabel (2,059) dan nila signifikansi (0,300) lebih dari 0,05 dan besar pengaruhnya hanya 10 %. Ini berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Budaya sekolah dan kecerdasan emosional tidak berpengaruh secara simultan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMA IT Insan Sejahtera. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji f dengan f hitung (1,850) < f tabel (5,57) dan nilai signifikansi 0,178 > 0,05 dan besar pengaruhnya hanya 5 %. Ini berarti Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah; Kecerdasan Emosional; Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurvina Intan Kusumah
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:41
Last Modified: 16 Jan 2024 01:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84132

Actions (login required)

View Item View Item