Bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan pemahaman terhadap anak didik pemasyarakatan

Kamil, Ikhsanul (2023) Bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan pemahaman terhadap anak didik pemasyarakatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy

Abstract

Ikhsanul Kamil: Bimbingan Rohani Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Agama terhadap Anak Didik Pemasyarakatan (Penelitian terhadap anak didik pemasyarakatan di LPKA Kelas II Bandung). Usia 14-18 tahun merupakan usia transisi yang dialami oleh individu, pada usia tersebut pada umumnya banyak individu yang mencari jati dirinya, namun tidak sesuai dengan arahan dan berakhir melakukan kenakalan yang berakhir tidak baik dan masuk kedalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Kurang nya pengawasan orang tua menjadi faktor utama nya selain itu bisa disebabkan karena pengaruh lingkungan dan minimnya pemahaman agama. Bimbingan rohani Islam menjadi salah satu upaya dikalangan anak didik pemasyarakatan, untuk mengatasi permasalahan ini. Bimbingan Rohani Islam dapat dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman agama anak pidana yang minim. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana program bimbingan rohani Islam, proses pelaksanaan bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan pemahaman agama dan hasil dari bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan pemahaman terhadap anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Penelitian ini bertolak dari kajian teori Bimbingan Rohani Islam yaitu Bimbingan Rohani Islam sebagai suatu kegiatan dengan cara memberikan bimbingan, arahan, pelajaran, dan pedoman agar dapat mengembangkan potensi akal pikiran, kejiwaan, keimanan, maupun keyakinan, serta dapat menanggulangi permasalahan hidup dengan baik dan benar secara mandiri yang berpedoman dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, metode yang dapat memberikan gambaran secara sistematis berupa fakta, aktual dan akurat dari lokasi penelitian ini yang berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi lapangan yang terjadi dalam bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan pemahaman agama terhadap anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Berdasarkan hasil penelitian program bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan pemahaman agama memiliki pengaruh yang cukup baik dan bisa dikatakan sesuai harapan. Anak didik pemasyarakatan yang telah melakukan kegiatan bimbingan rohani Islam mulai merasakan adanya perubahan ke arah yang lebih baik. Anak sudah mulai bisa membaca Al-Qur’an, melaksanakan shalat 5 waktu dan menjadi pribadi yang lebih tenang dari sebelumnya Kata kunci: Bimbingan rohani, Pemahaman, Anak Pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan rohani Islam; bimbingan rohani Islam; pemahaman agama; anak didik pemasyarakatan
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ikhsanul Kamil
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:53
Last Modified: 18 Jan 2024 02:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84187

Actions (login required)

View Item View Item