Maemunah, Siti (2013) Model Mastery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Fluida Statis: Penelitian Quasi Experimen di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jalancagak Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3_bab1.pdf Download (889kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
4_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
||
Text (BAB III)
5_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
6_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
Abstract
Pemahaman konsep berarti proses penyerapan untuk memahami ide atau pengertian-pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa yang kongkret. Namun hal ini tidak temukan di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jalancagak Subang, kurangnya pemahaman siswa tentang konsep, kurangnya pengetahuan matematis, kurang memahami aplikasi fisika dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajarannya tidak maksimal. Selain hal tersebut, partisipasi siswa dalam aktivitas pembelajaran di kelas rendah, dan siswa merasa jenuh dengan model atau metode pembelajaran sehingga tidak berkesan dan mudah lupa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada siswa serta membina seluruh potensi siswa sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep yaitu dengan menerapkan model mastery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterlaksanaan model mastery learning, untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa setelah proses pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan Time series Design. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jalancagak Subang. Teknik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dan yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA 1. Hasil penelitian tiga kali pertemuan menunjukan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata keterlaksanaan 96,52%, kategori sangat baik dan aktivitas guru dengan rata-rata keterlaksanaan 98,25%, kategori sangat baik. Peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan setelah diterapkannya model mastery learning sesuai dengan hasil uji signifikansi yang menunjukan Zhitung(4.79)< Ztabel (1,65). Besarnya peningkatan pemahaman konsep siswa yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,67 termasuk kategori sedang. Dengan demikian model mastery learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Mastery Learning; Pemahaman Konsep siswa; Fluida Statis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Physics > Research and Statistical Methods of Physics Fluid Mechanics, Liquid Mechanics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2016 02:29 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 08:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/842 |
Actions (login required)
View Item |