Penerapan Metode Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti: Penelitian tindakan kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Nurul Sa'adah, Jamilah (2023) Penerapan Metode Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti: Penelitian tindakan kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti pada materi asuransi, bank dan koperasi syariah untuk umat yang maslahat, Hal ini terlihat dari hasil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Problem based instruction pada mata pelajaran PAI BP Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung, 2) proses pembelajaran menggunakan metode Problem based instruction pada mata pelajaran PAI BP Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung, 3) hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Problem based instruction pada mata pelajaran PAI BP Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan dilakukan 3 siklus 1 pra-siklus. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), obervasi (observating), refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun analisis datanya mengggunakan statistic sederhana, yaitu menghitung hasil aktivitas siswa dan menghitung hasil tes siswa pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: 1) sebelum menggunakan metode problem based instruction rata-rata nilai siswa 62,50 ini dibawah standar KKM yaitu 75, 2) proses penerapan metode problem based instruction mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dari hasil observasi aktivitas siklus I diperoleh persentase guru 75,29% dan aktivitas siswa 70%, pada siklus II aktivitas guru 80% dan aktivitas siswa 78,46%, pada siklus III aktivitas guru 85,71% dan aktivitas siswa 89,23% dan 3) setelah penerapan metode problem based instruction hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,83%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,39%, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 83,06%. Sehingga penerapan metode problem based instruction pada mata pelajaran PAI BP dapat dikatakan meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Problem Based Instruction; PBI
Subjects: Islam
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jamilah Nurul Sa'adah
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:29
Last Modified: 22 Jan 2024 08:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84251

Actions (login required)

View Item View Item