Strategi komunikasi politik Partai Keadilan Sejahtera pada Pemilih Pemula dalam menghadapi Pemilu 2024 : Studi kasus di DPD Kabupaten Majalengka

Karramna, Fauziah Azmi (2023) Strategi komunikasi politik Partai Keadilan Sejahtera pada Pemilih Pemula dalam menghadapi Pemilu 2024 : Studi kasus di DPD Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakakangi oleh anak muda sebagai pemilih pemula yang kurang berminat terhadap perpolitikan dikarenakan pendidikan politik di Majalengka kurang baik sehingga kesadaran politik anak muda di Majalengka rendah. Pada tahun 2019 kebanyakan yang menjadi pemilih adalah dari generasi Millennial sedangkan pemilu tahun 2024 mendatang kebanyakan yang akan menjadi pemilih adalah dari generasi Z yang kurang berminat pada politik. Maka dari itu PKS sebagai partai politik harus menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi pemilih pemula. Berdasarkan konteks diatas, riset ini fokus pada bagaimana strategi komunikasi politik Partai Keadilan Sejahtera pada pemilih pemula dalam menghadapi pemilu 2024? serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi politik Partai Keadilan Sejahtera pada pemilih pemula dalam menghadapi pemilu 2024?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh DPD PKS Majalengka serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam menjalankan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan metode deskriptif analisis dengan menggunakan teori dan konsep yang dikemukakan oleh Ardial terdiri dari lima strategi yaitu, keberadaan pemimpin politik, merawat ketokohan dan memantapkan kelembagaan, menciptakan kebersamaan, negosiasi dan membangun konsensus. Strategi komunikasi politik PKS dalam menghadapi pemilu 2024 yaitu menjaga keberadaan pemimpin politik dengan melahirkan tokoh-tokoh yang selalu menjaga kredibilitas dan kapabilitasnya, merawat ketokohan dan memantapkan kelembagaan dengan menjaga tali silaturahmi, membangun kepedulian dan keloyalan. PKS dalam menjaga ketokohan akan selalu memperhatikan pesan yang disampaikan rakyat agar bisa mempertahankan dukungan rakyat, menciptakan kebersamaan dengan mengadakan posko untuk tempat berdiskusi dengan masyarakat sekitar, negosiasi dengan mencapai kesepakatan bersama sesuai dengan kepentingan rakyat dan mengharapkan ‘menang-menang’, membangun konsensuss dengan terbuka bagi partai politik manapun untuk menjalin komitmen bersama. Faktor pendukung strategi komunikasi politik PKS ini adalah media sosial sedangkan faktor penghambat dalam menjalankan strategi ini adalah anak-anak muda pemilih pemula yang tidak senang dengan politik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi politik; partai politik; pemilu;
Subjects: Political Ethics
Social Interaction, Interpersonal Relations
Political dan Government Science
Political Process
Political Process > Election System
Constitutional and Administrative Law
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Fauziah Azmi Karramna
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:24
Last Modified: 23 Jan 2024 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84317

Actions (login required)

View Item View Item