Rusdiana, A. (2023) Praktik Pengalaman Lapangan: Praktik Pembelajaran Inovatif. In: Pembelajaran Inovatif. Cetakan Pertama, I (1). Pusat Penelitian Dan Penerbitan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung Bekerjasama dengan Penerbit Tresna Bhakti Bandung, Bandung, Jawa Barat, pp. 1-113. ISBN xxx-xxx-xxxx-xx-x
|
Text
02-LAPORAN PPL BAB I-II-III-IV-V.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pendalaman materi keprofesian PPG dalam jabatan melalui belajar mandiri, bertujuan untuk menguatkan penguasaan materi Keprofesian Bidang Akidah Akhlak; meningkatkan pemahaman konsep TPACK untuk merancang pembelajaran; meningkatkan pemahaman konten dalam rangka mengembangkan bahan ajar dan evaluasi hasil belajar dengan level HOTS; dan meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan sumber belajar berbasis ICT. Tujuan umum kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (Praktik Pembelajaran Inovatif), PPL adalah mahasiswa menjadi pendidik profesional yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang menunjang tercapainya capaian pembelajaran lulusan (CPL) Program PPG secara utuh. Aktivitas mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (Praktik Pembelajaran Inovatif), memenuhi tagihan berupa; M.1 = Praktek dengan Pendekatan PBL; M.2 = Praktek dengan Pendekatan PjBL; M.3 = Praktek dengan Pendekatan DBL, dan M.4 = Praktek dengan Pendekatan TPACK&PPRA. Jumlah Mahasiwa Kelas A.A K2 terdiri dari 20 orang, belajar mandiri secara daring melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). pada bidang studi Akidah Akhlak, sejak tanggal 24 Nopember 2023 berakhir pada tanggal 17 Januari 2024. (1) Keseluruhannya aktif dan antusias mengikuti proses pembelajaran 20 Peserta (100 %). (2) Pemenuhan Tagihan MA-1, 20 Peserta (100 %), baik pemenuhan tagihan MA-2, (100%), pemenuhan tagihan MA-3, dan MA-4, (100%). (3) Capaian Pembelajaran Pedagogi Kelas A.A K2, secara kumulatif mencapai rata CP 79.25 dengan Predikat (Baik), dengan CP terendah 76.09 (Sedang) 1 org (0.05%), median 78-79 16 org (80 %) sedangkan teringgi mencapai CP 80-80. 97 (Amat Baik) 3 org (19.05 %). Dengan demikian Kls A.A K2 dalam Praktik Pengalaman Lapangan telah mencapai Ketuntasan minimal. Laporan kegiatan ini merekomendasikan kepada: (1) Pihak yang berkepentingan terkait dengan pembelajaran, hendaknya pada setiap Paket/modul dilengkapi dengan Standard Operasinal Prosedur (SOP) atau intruksi yang jelas terkait dengan pengejaan tugas; (2) Antar dosen/pembimbing/wali kelas perlu ada kesamaan persepsi tentang intruksi pengerjaan tugas; dan model pemotivasian kepada peserta; (3) Mahasiswa diperlukan adanya kelompok kerja kelas untuk membantu menyalurkan komunikasi informasi, dan membagun kolaborasi antar peserta.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, komunikasi, informasi dan kolaborasi. |
Subjects: | General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. A. Rusdiana |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 01:48 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 01:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84333 |
Actions (login required)
View Item |