Peran kepemimpinan H Hilman Taufiq dalam meningkatkan kinerja pengurus di Yayasan Pendidikan dan Dakwah Nurul Wathan : Penelitian deskriptif di YPD Nurul Wathan Jalan Halte Maleber No. 31 Desa Sabandar Karangtengah Cianjur

Sodik, Jafar (2022) Peran kepemimpinan H Hilman Taufiq dalam meningkatkan kinerja pengurus di Yayasan Pendidikan dan Dakwah Nurul Wathan : Penelitian deskriptif di YPD Nurul Wathan Jalan Halte Maleber No. 31 Desa Sabandar Karangtengah Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai lembaga yang bersifat sosial, keagamaan, pendidikan, yayasan ikut bertanggung jawab dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mencerdaskan bangsa dan merawat tradisi keagamaan (Islam) di Indonesia. Lebih dari itu, merupakan suatu wadah yang efektif dalam membentuk generasi muslim yang cerdas, sehat dan berakhlak mulia yang memiliki integritas iman, islam, dan ihsan serta mampu berkiprah positif dalam kehidupan masyarakat. Dalam sebuah organisasi atau lembaga pemimpin merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena pemimpin adalah penggerak utama dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan lembaga. Tanpa adanya dukungan peran dari pengurus yang dapat bekerja dengan baik, maka lembaga akan sulit mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seorang pengurus dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggungjawab yang telah diberikan kepadanya. Kinerja dalam menjalankan fungsinya tidak berdiri sendiri, tetapi berhubungan langsung dengan kepemimpinan dan budaya organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pimpinan H Hilman Taufiq di YPD Nurul Wathan Cianjur dalam kepemimpinannya, penentuan pengambilan keputusan, dan motivasi yang dilakukan dalam peningkatan kinerja pengurus dalam mencapai tujuan yayasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif karena metode ini dipandang relevan untuk menggali dan menganalisis fenomena yang terjadi secara empiris. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis datanya menggunakan jenis analisis data kualitatif. Berdasarkan pengamatan dan analisis data penelitian yang dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan bahwa dalam peran kepimpinan H Hilman Taufiq dalam meningkatkan kinerja pengurus, H Hilman Taufiq dipandang sebagai seorang pemimpin yang lebih mengutamakan kepentingan orang banyak, melakukan musyawarah sebelum mengambil keputusan dengan meminta partisipasi anggota pengurus untuk menganggapi dengan memberi saran atau masukan. Dalam memotivasi pengurus dalam peningkatan kinerja, dilakukannya monitoring dan evaluasi, memberikan penilaian terhadap perilaku kinerja pengurus, memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi pengurus, serta mengutamakan hak dan kewajiban para pengurus gaji dan honor serta adanya penghargaan (reward) atas kerja kerasnya para pengurus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; kepemimpinan; kinerja; yayasan; pendidikan; dakwah;
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Jafar Ahmad Sodik
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:46
Last Modified: 24 Jan 2024 03:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84385

Actions (login required)

View Item View Item