Perilaku Cyberbullying di tiktok pada kalangan remaja : studi di Desa Gandamekar Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi

Ferawati, Ferawati (2023) Perilaku Cyberbullying di tiktok pada kalangan remaja : studi di Desa Gandamekar Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan penggunaan media sosial TikTok yang semakin populer di kalangan masyarakat, sehingga menempati posisi-2 sebagai pengguna terbanyak di Indonesia. Media sosial TikTok sekarang ini menjadi bagian dari kehidupan remaja. Fenomena peningkatan penggunaan aplikasi TikTok pada remaja beresiko terjadinya perilaku Cyberbullying. Perilaku Cyberbullying yaitu salah satu kejahatan di media sosial dengan berkomentar jahat, menghina, mengancam, dan penyebaran aib orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran perilaku Cyberbullying yang dilakukan oleh remaja desa Gandamekar di TikTok, dampak perilaku Cyberbullying terhadap pelaku, dan upaya pencegahan dari perilaku Cyberbullying di TikTok pada remaja desa Gandamekar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Informan dipilih melalui teknik purposive sampling, dengan kriteria informan lebih mengetahui dan turut berpatisipasi aktif dalam berbagai kegiatan dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian ini adalah teknik wawancara mendalam dan observasi sebagai sumber data primer dan dokumentasi sebagai sumber data sekunder. Teknik analisis data melalui reduksi data kemudian penyajiaan data dan pengambilan kesimpulan. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu interaksi simbolik adalah berusaha memahami interaksi manusia berdasarkan simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri. Interaksi yang membentuk seseorang dengan kemampuan berpikir yang dimilikinya mempunyai kebebasan untuk menentukan tindakan dan tujuan yang ingin dicapainya, meskipun norma, nilai-nilai sosial, dan makna dari simbol-simbol tersebut membatasi tindakannya. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran perilaku Cyberbullying yang dilakukan remaja desa Gandamekar yaitu memberi komentar jahat, menghina, mengancam, dan menyebarkan keburukan orang lain dengan tujuan mempermalukan dan menaikan popularitas diri di Aplikasi TikTok. Adapun TikTok yang digunakan di kalangan remaja cukup berdampak pada interaksi sosial pelaku cyberbullying yang mana lunturnya sifat empati, timbulnya perilaku anti sosial, dan hilangnya kontrol internal dan kontrol sosial Dan sebagai upaya pencegahan Cyberbullying yaitu dengan pendidikan, pengawasan orang tua, dan membuat lingkungan aman di TikTok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: interaksi simbolik; cyberbullying; media sosial; tiktok
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process > Social Control
Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wati Fera
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:48
Last Modified: 26 Jan 2024 01:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84444

Actions (login required)

View Item View Item