Peran komunitas Peduli Lingkungan Hidup Warisan Alam dalam membangun ekonomi kreatif melalui sampah rumah tangga : Studi deskriptif di Desa Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung

Nuryandini, Intan (2023) Peran komunitas Peduli Lingkungan Hidup Warisan Alam dalam membangun ekonomi kreatif melalui sampah rumah tangga : Studi deskriptif di Desa Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Sampah yang dihasilkan oleh masyarakat desa Sukapura tidak dikelola secara mandiri, ini menunjukan bahwa kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya sendiri. Tempat Pembuangan Sampah saat ini diangkut ke TPA Sarimukti Padalarang yang kian hari kian menumpuk dan telah melebihi kapasitas penampungan. Keprihatinan terhadap TPA Sari Mukti Padalarang merupakan awal mula membentuk gerakan dalam pengelolaan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Komunitas Peduli Lingkungan Hidup Warisan Alam dalam membangun ekonomi kreatif melalui sampah rumah tangga yang meliputi norma yang ditentukan, konsep yang dilakukan oleh komunitas PLH Warisan Alam dalam membangun ekonomi kreatif, serta perilaku masyarakat dalam membangun ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan teori peran menurut Levinson yang menyatakan bahwa peran berhubungan dengan norma – norma yang berkaitan dengan posisi seseorang di masyarakat, konsep yang dilakukan individu dalam masyarakat sebagai organisasi, serta bentuk perilaku masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peran Komunitas Peduli Lingkungan Hidup Warisan Alam dalam membangun ekonomi kreatif melalui sampah rumah tangga dengan ditetapkannya norma – norma yang mengandung etika lingkungan. Konsep yang digunakan yaitu konsep bank sampah yaitu masyarakat mulai memilih dan memilah sampah organik dan an-organik untuk disetorkan lalu ditukar dengan uang maupun belanja kebutuhan pokok, membuat paving blok serta kerajinan lainnya. Perilaku yang dihasilkan yaitu masyarakat tidak menganggap sampah tidak berguna melainkan menjadi salah satu penghasilan sampingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Komunitas; Norma; Pengelolaan Sampah;
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Natural History of Organism
Natural History of Organism > Organisms Characteristic of Specific Environments
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Intan Nuryandini
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:09
Last Modified: 31 Jan 2024 06:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84506

Actions (login required)

View Item View Item