Media sosial instagram CNN Indonesia sebagai basis peliputan berita : Studi fenomenologi pada Jurnalis kampus Suaka Online UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Wati, Sulistio (2023) Media sosial instagram CNN Indonesia sebagai basis peliputan berita : Studi fenomenologi pada Jurnalis kampus Suaka Online UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

Peliputan di media sosial Instagram penting untuk diteliti, mengingat banyak fenomena yang terjadi di lapangan, dimana banyak jurnalis media kampus amaupun jurnalis profesional yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk mencari sumber informasi. Fenomena ini terjadi pada jrunalis media kampus Suaka yang menggunakan media sosial Instagram CNN Indonesia sebagai basis peliputan berita atau sumber dalam mencari informasi. Dengan demikian dipandang penting untuk meneliti pengalaman jurnalis media kampus LPM Suaka selama melakukan peliputan di media sosial Instagram CNN Indonesia. Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana jurnalis media kampus memanfaatkan media sosial Instagram CNN Indonesia sebagai sumber berita, utuk itu peneliti akan mencari tahu pengalaman jurnnalis kampus yang memanfaatkan media sosial sebagai basis peliputan berita. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori fenomenologi Alfred Schutz, sebagai ilmu yang bertujuan menjelaskan realita nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena karakteristik dari pendekatan ini dipandang tepat dengan judul penelitian serta data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan narasumber, sehingga memberikan informasi yang dialami oleh jurnalis media kampus LPM Suaka dalam memanfaatkan media sosial sebagai basis peliputan berita. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan pada jurnalis media kampus LPM Suaka mendapatkan hasil bahwa pengalaman liputan yang dilakukan pada media sosial Instagram CNN Indonesia menjadi tiga bagian pengalaman, yaitu pengalaman jurnalis media kampus Suaka yang memanfaatkan media sosial Instagram CNN Indonesia sebagai sumber fakta dan data dan sebagai sumber foto jurnalistik, dan tidak hanya itu pengalaman yang mereka dapatkan juga menjadi conten writer, di mana para jurnalis media kampus Suaka merangkap menjadi content writer yang tentunya membutuhkan kosa kata yang luas agar tidak terjadi plagiasi. Yang terkahir adalah pengalaman jurnalis media kampus Suaka dalam memanfaatkan media sosial Instagram CNN Indonesia sebagai news gathering, di mana mereka mengambil CNN Indonesia sebagai sumber utama dalam memproduksi konten berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media sosial instagram; peliputan; jurnalis media kampus suaka
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sulistio Wati
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:43
Last Modified: 01 Feb 2024 02:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84594

Actions (login required)

View Item View Item