Pengembangan e-Modul fisika berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang bunyi

Laila, Ila Nurul (2024) Pengembangan e-Modul fisika berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan proses sains harus dimiliki oleh setiap peserta didik pada era digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran tentang kelayakan e-modul fisika berbasis Problem-Based Learning pada materi gelombang bunyi, keterlaksanaan e-modul fisika berbasis Problem-Based Learning pada materi gelombang bunyi, peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah menggunakan e-modul fisika berbasis Problem-Based Learning pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Jatinangor. Instrumen penelitian berupa lembar angket validasi ahli media dan materi, Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Authentic Assessment Base on Teaching Learning Trajectory (AABTLT) with Student Activity Sheet (SAS), dan soal keterampilan proses sains. Teknik analisis data menggunakan uji validitas menurut Gregory, perhitungan SAS, N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan validasi media memperoleh nilai sebesar 0,70 dan validasi materi memperoleh nilai sebesar 1,00, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,51%., penggunaan e-modul fisika berbasis problem based learning dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan nilai n-gain sebesar 0,72. Hasil uji t yang telah diperoleh dari spss adalah nilai Sig 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah diterapkannya e-modul fisika berbasis problem based learning pada materi gelombang bunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-modul; problem based learning; keterampilan proses sains; gelombang bunyi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ila Nurul Laila
Date Deposited: 05 Feb 2024 00:54
Last Modified: 05 Feb 2024 00:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84638

Actions (login required)

View Item View Item