Konsep Rūḥ dalam perspektif Syekh Abdul Qodir Al-Jailani dan Robert Frager : Studi komparatif pemikiran Syekh Abdul Qodir Al-Jailani dan Robert Frager

Rivaldi, Mochammad Arief (2023) Konsep Rūḥ dalam perspektif Syekh Abdul Qodir Al-Jailani dan Robert Frager : Studi komparatif pemikiran Syekh Abdul Qodir Al-Jailani dan Robert Frager. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Menurut tradisi tasawuf salah satu aspek terpenting dalam diri manusia yaitu rūḥ. Rūḥ merupakan satu-satunya unsur yang bisa bertemu secara langsung dengan Tuhan. Perbedaan konsep yang hadir di kalangan para sufi membuat kajian mengenai rūḥ sangat menarik untuk dibahas. Salah satu tokoh sufi yang membahas mengenai rūḥ yaitu Syekh Abdul Qodir Al-Jailani. Sementara itu hanya sedikit tokoh psikologi membahas mengenai rūḥ, bahkan mayoritas para tokoh psikologi hanya mampu membahas pada perilaku manusia yang didasarkan pada kondisi jiwa. Namun dalam psikologi trasnspersonal yang merupakan salah satu aliran psikologi secara khusus mengkaji mengenai rūḥ manusia dan salah satu tokoh yang mempopulerkannya ialah Robert Frager. Secara garis besar penelitian ini membahas mengenai konsep rūḥ dalam pandangan Syekh Abdul Qodir Al-Jailani dan Robert Frager. Kedua tokoh memiliki persamaan dan perbedaan dalam memberikan konsep mengenai rūḥ. Persamaan dan perbedaan tersebut dapat diketahui dengan melakukan penelusuran dalam buku karya masing masing tokoh. Penelitian yang penulis lakukan termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Studi Pustaka (Library Research) dengan teknik Analisis Konten (Content Analysis). Sumber utama dalam penelitian ini yaitu buku Sirrul Asrar dan Heart, Self & Soul: The Sufism Psychology of Growth, Balance and Harmony yang kedua buku ini telah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia. Adapun sumber pendukung dalam penelitian ini adalah literatur-literatur tasawuf yang membahas mengenai konsep rūḥ, konsep rūḥ dalam pandangan psikologi transpersonal dan literatur yang terkait guna memberikan penjelasana dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis. Hasil yang ditemukan terdapat beberapa persamaan dan perbedaan antara konsep rūḥ kedua tokoh. Persamaannya terletak pada objek yang ditujukan oleh kedua tokoh memiliki maksud yang sama. Adapun perbedaan yang penulis dapatkan, Syekh Abdul Qodir Al-Jailani menerangkan bahwa manusia secara umum memiliki empat lapis rūḥ: rūḥ jisamani rūḥ rawani, rūḥ sulthani dan rūḥ qudsi. Sementara Robert Frager menerangkan bahwa rūḥ terdiri dari tujuh lapis: rūḥ mineral, rūḥ nabati, rūḥ hewani, rūḥ pribadi, rūḥ insani, rūḥ rahasia dan rūḥ maha rahasia. Perbedaan lainnya yang penulis temukan yaitu perbedaan pendekatan yang dijelaskan kedua tokoh dalam memaparkan konsep rūḥ. Syekh Abdul Qodir Al-Jailani sangat dominan menggunakan pendekatan tasawuf, sementara Robert Frager menggunakan pendekatan tasawuf dan pendekatan psikologi transpersonal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Robert Frager; Rūḥ; Syekh Abdul Qodir Al-Jailani;
Subjects: Parapsychology and Occultism
Parapsychology and Occultism > Spiritualism
Islam
Islam > Sufism
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mochammad Arief Rivaldi
Date Deposited: 01 Mar 2024 00:39
Last Modified: 01 Mar 2024 00:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84648

Actions (login required)

View Item View Item