Perbandingan Algoritma Linear Congruential Generator, Naive Shuffle, dan Fisher Yates Shuffle pada Game edukasi Asma’ul Husna berbasis Android

Jannah, Miftahul (2024) Perbandingan Algoritma Linear Congruential Generator, Naive Shuffle, dan Fisher Yates Shuffle pada Game edukasi Asma’ul Husna berbasis Android. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Game Edukasi Asmaul Husna adalah game berbentuk kuis yang menampilkan soal – soal Asmaul Husna secara acak. Algoritma yang biasa digunakan untuk melakukan fungsi pengacakan soal diantaranya yaitu, algoritma Linear Congruential Generator, Naive Shuffle, dan Fisher Yates Shuffle. Namun belum banyak diketahui diantara ketiga algoritma tersebut mana yang memiliki kinerja dan waktu akses yang lebih baik. Game ini dibangun sebagai media untuk membandingkan kinerja dari ketiga algoritma tersebut dan mengetahui waktu akses algoritma mana yang lebih baik dan efisien dalam mengacak soal. Pengujian dengan metode blackbox dilakukan untuk melihat kelayakan Game Edukasi Asmaul Husna. Pengujian pada masing – masing algoritma dilakukan dengan mengulang pengacakan sebanyak 20 kali dan membandingkan waktu akses yang diperlukan setiap algoritma. Mengacu pada hasil pengujian masing – masing algoritma dapat disimpulkan bahwa Algoritma Linear Congruential Generator memiliki rata – rata waktu akses lebih cepat dibandingkan algoritma Naive Shuffle dan Fisher Yates Shuffle, dengan selisih waktu akses rata – rata yaitu 00,008638 detik dan 00,009471 detik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan algoritma; Algoritma Linear Congruential Generator; Algoritma Naive Shuffle; Algoritma Fisher Yates Shuffle; Game kuis;
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Science and Religion
Numerical Analysis > Algorithms
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 05 Feb 2024 00:48
Last Modified: 05 Feb 2024 00:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84670

Actions (login required)

View Item View Item