Keterwakilan perempuan dalam partai politik PDIP DPC Kabupaten Purwakarta dihubungkan dengan pasal 20 Undang-Undang Nomor 2 tahun 2011 tentang partai politik

Putri, Caty Aulia (2023) Keterwakilan perempuan dalam partai politik PDIP DPC Kabupaten Purwakarta dihubungkan dengan pasal 20 Undang-Undang Nomor 2 tahun 2011 tentang partai politik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Keterwakilan perempuan dalam partai politik salah satunya diatur dalam Pasal 20 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 dengan perubahan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik berbunyi : “Kepengurusan Partai Politik tingkat provinsi dan kabupaten/kota sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 ayat (2) dan ayat (3) disusun dengan memperhatikan keterwakilan perempuan paling rendah 30% (Tiga Puluh Perseratus) yang diatur dalam AD dan ART Partai Politik masing-masing”. Kenyataannya DPC PDIP Kabupaten Purwakarta belum memenuhi ketentuan tersebut karena keterwakilan perempuan dalam kepengurusan mencapai mencapai 27,5% (Dua Puluh Tujuh koma Lima Perseratus). Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana implementasi keterwakilan perempuan dalam Partai PDIP DPC Kabupaten Purwakarta, bagaimana kendala-kendala hukum yang dihadapi, dan bagaimana upaya-upaya hukum yang diterapkan oleh Partai PDIP DPC Kabupaten Purwakarta dalam pelaksanaan keterwakilan perempuan. Pembahasan ini dihubungkan dengan Pasal 20 Undag-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik. Penelitian ini menjadikan Pasal 28 I UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang perlindungan akan perlakuan diskriminatif sebagai dasar acuan dalam penyelenggaraan keterwakilan perempuan. Peneliti menggunakan teori keadilan Aristoteles dan teori Hak Asasi Manusia. Teori Hukum Feminis digunakan oleh peneliti dengan fokus bagaimana hukum menjadi alat untuk menghilangkan diskriminasi perempuan. Kebijakan affirmative merupakan implementasi dari hukum sebagai media pemenuhan hak perempuan dalam ruang politik, salah satunya dalam Pasal 20 Undang-Undang Partai Politik. Permasalahan yang telah dirumuskan dipecahkan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan yuridis-empiris. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka, studi lapangan/observasi, serta melakukan wawancara kepada pihak terkait. Keterwakilan perempuan dalam Partai Politik PDIP DPC Kabupaten Purwakarta dihubungkan denga Pasal 20 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentag Partai Politik dapat disimpulkan belum terpenuhi karena keterwakilan perempuan dalam kepengurusan tersebut hanya mencapai 27,5% (Dua Puluh Tujuh koma Lima Perseratus). Kendala dalam pembahasan ini adalah pandangan masyarakat terhadap politik dan perempuan, pendidikan politik, dan rekrutmen serta pendistribusian partai. Partai PDIP DPC Kabupaten Purwakarta berupaya untuk meningkatkan keterwakilan perempuan dengan melibatkan perempuan dalam wilayah krusial partai politik, membagi kepengurusan sampai tingkatan terbawah agar memperluas jangkauan partai politik serta untuk memaksimalkan pendidikan politik yang merata kepada anggota partai dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterwakilan Perempuan; Partai Politik
Subjects: Law
Constitutional and Administrative Law > Election Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Caty Aulia Putri
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:02
Last Modified: 06 Feb 2024 01:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84707

Actions (login required)

View Item View Item