Strategi Script Writer dalam manajemen program siaran radio Religi : Studi deskriptif program siaran Untaian Mutiara Sahur Radio Rodja Bandung 104.3 FM

Sukma, Afrina Dwi (2023) Strategi Script Writer dalam manajemen program siaran radio Religi : Studi deskriptif program siaran Untaian Mutiara Sahur Radio Rodja Bandung 104.3 FM. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Program siaran religi di radio saat ini sudah semakin beragam, hadirnya keragaman program siaran religi di radio saat ini mencerminkan upaya efektif dalam menyebarkan ajaran Islam ke seluruh lapisan masyarakat. Untaian mutiara sahur, sebagai contoh program unggulan, tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu dakwah, tetapi juga sebagai media yang secara khusus dirancang untuk mempengaruhi masyarakat. Dengan menyajikan konten bermakna selama bulan suci Ramadhan, program ini berupaya memberikan dampak positif, menjadikan radio sebagai saluran yang kuat untuk menyebarkan nilai-nilai agama dan memperkaya pengalaman spiritual audiensnya. Maka dari itu untuk program untaian mutiara sahur perlu memiliki strategi perencanaan program. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi penulisan naskah program yang dilakukan oleh tim Script Writer radio Rodja dan melihat proses penulisan program siaran religi Untaian Mutiara Sahur di radio Rodja yaitu mulai dari perencanaan, proses penulisan, menentukan tema, pengawasan dan evaluasi program. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori manajemen media massa George R. Terry untuk menganalisis pandangan terkait aspek-aspek manajemen yang terlibat dalam produksi dan penyiaran konten religius melalui media massa. Konsep strategi yang digunakan adalah konsep strategi program Petter Pringle yang dijabarkan dalam buku Manajemen Media Penyiaran oleh Morrisan, yang mengungkapkan bahwa strategi program mencakup perencanaan, proses pelaksanaan program, pengawasan dan evaluasi program. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk mengungkapkan peristiwa atau fakta, keadaan dan kondisi yang terjadi selama penelitian secara sistematis dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Untaian Mutiara Sahur (1) Pada tahap perencanaan program fokus pada tahap awal secara tegas terintegrasi dalam perencanaan jangka panjang. Hal ini karena konsep format program yang tidak hanya mendalam tetapi juga terstruktur dengan cermat, menegaskan komitmen terhadap kelangsungan dan kualitas program secara menyeluruh. (2) Proses pelaksanaan penulisan yang dilakukan melalui empat tahap yaitu pra-penulisan, menyeleksi materi, gaya bahasa, dan alur penulisan. (3) Durasi program siaran untaian mutiara sahur sekitar satu hingga dua jam, tayang setiap sahur selama bulan ramadhan. (4) Pengawasan program siaran melibatkan pemantauan ketat terhadap konten, kesesuaian dengan nilai-nilai keagamaan, serta kualitas teknis siaran guna memastikan pengalaman mendengarkan yang berkualitas bagi pendengar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi; materi script writer; pembelajaran religi
Subjects: Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dwi Sukma Afrina
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:49
Last Modified: 06 Feb 2024 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84726

Actions (login required)

View Item View Item