Penegakan Hukum pelaku kekerasan terhadap anak menurut Undang-Undang nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga di Polda Jawa Barat

Majid, Azzahra Tri Nur (2023) Penegakan Hukum pelaku kekerasan terhadap anak menurut Undang-Undang nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga di Polda Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Kekerasan Dalam Rumah Tangga di wilayah hukum POLDA Jawa Barat semakin meningkat, meskipun sudah ada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Dalam Pasal 5 Setiap orang dilarang melakukan kekerasan dalam rumah tangga terhadap orang dalam lingkup rumah tangganya, dengan cara sebagai berikut : Kekerasan fisik; Kekerasan psikis; Kekerasan seksual; atau Penelantaran rumah tangga. Kenyataan yang terjadi di wilayah hukum POLDA Jawa Barat masih banyak keluarga yang melakukan kekerasan terhdap anak dan perempuan, baik itu kekerasan fisik maupun psikis. Penelitian ini bertujuan adalah untuk memahami Proses penegakan hukum pelaku kekerasan pada anak dihubungkan dengan Undang-Undang No 23 Tahun 2004 Tentang Pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Kendala-kendala hukum yang dihadapi dalam penegakan hukum terhadap pelaku kekerasan dalam rumah tangga, Upaya-upaya hukum menghadapi hambatan dalam penegakan hukum terhadap pelaku kekerasan dalam rumah tangga di wilayah hukum POLDA Jawa Barat. Penelitian ini menjadikan Pasal 28D Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang perlindungan hukum sebagai dasar acuan dalam pelaksanaan Undang-Undang No 23 Tahun 2004 Tentang Pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Penelitian ini berdasarkan teori keadilan Aristoteles, penegakan hukum, kekerasan dalam rumah tangga, dan perlindungan hukum. Teori tersebut digunakan oleh peneliti karena memfokuskan bagaimana hukum menjadi alat untuk menagakan keadilan, Undang-Undang No 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pasal 5 dan Pasal 292 KUHP. Permasalahan yang telah dirumuskan dipecahkan dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif dan pendekatan yuridis-empiris. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan kajian Pustaka, studi lapangan/observasi, serta melakukan wawancara kepada pihak terkait. Peneliti melakukan analisis terhadap data tersebut. Penegakan hukum pelaku kekerasan terhadap anak di wilayah Polda Jawa Barat dihubungkan dengan Pasal 5 Undang-Undang No 23 Tahun 2004 Tentang Pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga diketahui telah terlaksana akan tetapi belum secara maksimal. Kendala dalam pembahasan ini adalah dilihat dari faktor hukum, petugas penegak hukum, sarana dan fasilitas, pemenuhan hak-hak korban, dan kesadaran hukum masyarakat. Upaya yang telah dilaksanakan oleh Polda Jawa Barat adalah dengan memaksimalkan faktor-faktor tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penegakan; Kekerasan Dalam Rumah Tangga; POLDA Jawa Barat.
Subjects: Law
Criminal Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Azzahra Tri Nur Majid
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:45
Last Modified: 22 Feb 2024 02:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84765

Actions (login required)

View Item View Item