Hubungan antara aktivitas penggunaan media pembelajaran lancar membaca dengan kemampuan berbicara Anak Usia Dini : Penelitian di kelompok B RA Persis 180 Miftahul Jannah Andir Kota Bandung

Nabilah, Siti (2023) Hubungan antara aktivitas penggunaan media pembelajaran lancar membaca dengan kemampuan berbicara Anak Usia Dini : Penelitian di kelompok B RA Persis 180 Miftahul Jannah Andir Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)

Abstract

Hubungan antara Aktivitas Penggunaan Media Pembelajaran Lancar Membaca dengan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (Penelitian di Kelompok B RA Persis 180 Miftahul Jannah Andir Kota Bandung).Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara aktivitas penggunaan media pembelajaran lancar membaca dengan kemampuan berbicara anak usia dini, kemampuan berbicara anak usia dini dikategorikan mulai berkembang ditandai dengan rata – rata 35% kemampuan berbicaranya belum sesuai harapan. Sedangkan aktivitas anak pada penggunaan media pembelajaran tersebut terlihat efektif terbukti dari antusias dan semangat belajar anak.Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui realitias aktivitas penggunaan media pembelajaran lancar membaca di Kelompok B RA Persis 180 Miftahul Jannah Andir Kota Bandung, realitas kemampuan berbicara anak usia dini di Kelompok B RA Persis 180 Miftahul Jannah Andir Kota Bandung, dan hubungan antara aktivitas penggunaan media pembelajaran lancar membaca dengan kemampuan berbicara anak usia dini di Kelompok B RA Persis 180 Miftahul Jannah Andir Kota Bandung.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian ini yaitu 15 orang anak di Kelompok B RA Persis 180 Miftahul Jannah Andir Kota Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian diolah menggunakan analisis parsial item per indikator, uji normalitas, uji regresi linier, koefisien korelasi dan determinasi, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas penggunaan media pembelajaran lancar membaca dengan hasil (83,24) dan kemampuan berbicara anak usia dini dengan hasil (83,65) masuk dalam kategori sangat baik. Hubungan antara aktivitas penggunaan media pembelajaran lancar membaca dengan kemampuan berbicara anak usia dini di Kelompok B RA Persis 180 Miftahul Jannah Andir Kota Bandung dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi menghasilkan nilai 0,59 menunjukkan tingkat hubungan yang cukup kuat / sedang. Pendukung lainnya adalah hasil uji hipotesis, dimana nilai thitung sebesar (2,617) dan ttabel (2,160) dengan derajat kebebasan 13 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung (2,617) > (2,160), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X (Aktivitas Penggunaan Media Pembelajaran Lancar Membaca) dan variabel Y (Kemampuan Berbicara).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara; Anak Usia Dini; Media Pembelajaran; Buku Lancar Membaca
Subjects: Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: siti nabilah
Date Deposited: 07 Feb 2024 00:53
Last Modified: 07 Feb 2024 00:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84770

Actions (login required)

View Item View Item