Irfantono, Luthfi (2023) Strategi dakwah Dr. Fahruddin Faiz dalam kajian tasawuf di reels Instagram @ngajifilsafat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (508kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
Abstract
Dakwah merupakan tindakan yang dimaksudkan untuk mengundang, mengajak, dan melibatkan umat Islam agar senantiasa meyakini dan mengikuti perintah Allah SWT, sejalan dengan prinsip-prinsip Islam dan mematuhi ajaran agama. Dakwah memegang peranan yang sangat penting dalam memperjuangkan kelangsungan agama Islam di seluruh dunia. Dakwah menjadi kegiatan yang harus diutamakan oleh umat Islam dalam menjalani kehidupan mereka. Perkembangan teknologi dan komunikasi menuntut para pendakwah untuk mengubah metode dakwah mereka menjadi sesuatu yang istimewa. Menggabungkan agama Islam dengan pertumbuhan teknologi digital, Instagram digunakan sebagai media untuk menyebarkan pesan dakwah. Penelitian ini bertujuan berdasarkan focus penelitian yang telah dijelaskan yakni 1. Untuk mengetahui strategi dakwah Dr. Fahruddin Faiz dalam kajian tasawuf di reels Instagram @ngajifilsafat. 2. Untuk mengetahui aspek yang mempengaruhi konten tasawuf Dr. Fahruddin Faiz dalam meraup viewers yang tinggi di akun Instagram @ngajifilsafat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif seperti observasi dan studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang relevan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan sudut pandang kualitatif dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini mengungkapkan bahwa metode berdakwah yang digunakan dalam program Ngaji Filsafat di akun Instagram @ngajifilsafat telah terbukti efektif terutama untuk generasi muda, seperti yang tercermin dari minat mereka dalam mendengarkan konten-konten tasawuf seperti Cinta Adalah Anugerah, Patah Hati, Berakhlak Mulia, dan Keutamaan Ilmu. tersebut memiliki kecenderungan berfokus pada topik yang tidak terlalu mendalam atau rumit, dan cara penyampaiannya sederhana dan mudah dipahami oleh para pendengar atau pembaca. Fahruddin Faiz, yang disenangi oleh pendengarnya karena menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, berhasil menarik perhatian dengan tujuan berdakwah di Instagram. Keberhasilannya tidak hanya menarik perhatian dari umat Muslim, tetapi juga mendapatkan respon positif dari non-Muslim.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Dakwah; Media Sosial; Instagram. |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Luthfi Irfantono |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 01:36 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 01:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84777 |
Actions (login required)
View Item |