Peran Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam melaksanakan kursus pra nikah : Studi di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis

Fauzy, Fawaz Ahmad (2022) Peran Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam melaksanakan kursus pra nikah : Studi di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Perkawinan merupakan sebuah ikatan yang terjadi antara laki-laki dan perempuan dalam membangun rumah tangga yang senantiasa tentram dan bahagia, Undang-Undang No. 1 Tahun 1974. Sebagaimana yang dikeluarkan dalam surat keputusan Dirjen Bimas Islam No. 379/2018 tentang petunjuk pelaksanaan bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin dengan tugas utamanya adalah melaksanakan serta mengembangkan kegiatan bimbingan pranikah dengan tujuan bahwa masyarakat akan mendapatkan bimbingan pranikah dapat membina sebuah keluarga yang baik dan harmonis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuipelaksanaan kursus pra nikah di KUA Kecamatan Rajadesa untuk mengetahui peran dan fungsi BP4 dalam pelaksanaan kursus pra nikah di KUA Kecamatan Rajadesa, serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan BP4 dalam pelaksanaan kursus pra nikah di KUA Kecamatan Rajadesa Kerangka pemikiran pada penelitian ini berfokus pada kursus Pra Nikah, yang di dasari hukum yang melatar belakangi adanya Kursus Pranikah pada keputusan Dirjen Bimas Islam No. 379/2018 tentang petunjuk pelaksanaan bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin, selain itu kursus Pra Nikah mempunyai dasar hukum yang saling berkaitan denan dalil- dalil Al-Qur'an serta dasar hukum yang berlaku Metode yang penulis gunakan ialah kualitatif, sedangkan spesifikasinya menggunakan deskriptif analisis. Dalam metode pengumpulan data dan kepustakaan mengenai data calon penantin yang mengikuti kursus Pra Nikah. Dalam metode ini penulis mencari sumber data dari staf lembaga juga pihak-pihak yang bersangkutan dengan pendekatan wawancara. Dari hasil penelitian di lapangan, bahwa: Pelaksaan kursus Pra Nikah yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Rajadesa tercatat adanya 75% peserta dari 100% calon pengantin yang terdaftar adapun pelaksaannya dilakukan secara rutin pada seminggu sekali pada hari Rabu setiap jam 09.00 – 11.00 WIB. Adapun peran dan fungsi dari BP4 berdasarkan aturan ialah meningkatkan mutu perkawinan sehingga terciptanya keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah.Upaya yang dilakukan oleh BP4 agar banyak nya calon pengantin yang ingin mengikuti kurusus dengan mempertajam materi juga memberikan reward atau penghargaan bagi calon pengantin yang mengikuti bimbingan Pra Nikah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perkawinan; BP4; Kursus Pra Nikah;
Subjects: Culture and Institutions
Culture and Institutions > Religious Institution
Culture and Institutions > Marriage
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Fawaz Ahmad fauzy
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:57
Last Modified: 07 Feb 2024 06:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84786

Actions (login required)

View Item View Item