Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika Augmented Reality (AR) berbantuan Software Unity 3D berbasis Android dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa

Muhamad, Aditia (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika Augmented Reality (AR) berbantuan Software Unity 3D berbasis Android dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena kekurangan dalam memanfaatkan teknologi sebagai basis media pembelajaran. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, diperlukan penerapan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat mendukung proses belajar-mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk : menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran interaktif matematika Augmented Reality (AR) berbantuan Software Unity 3D berbasis Android dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, menganalisis validitas, efektivitas dan praktikalitas media pembelajaran matematika, dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran matematika penelitian dan pengembangan (research and development) ini memperoleh hasil yaitu: 1) proses pengembangan dengan tahapan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dilaksanakan dengan sangat baik 2) Validitas dari ahli media dan ahli materi dengan kriteria “Sangat Valid”, 3) tingkat efektivitas memperoleh hasil dengan kriteria “Sangat efektif”, 4) hasil skor praktikalitas dengan kriteria “sangat praktis” 5) Serta hasil respon siswa memperoleh dengan kriteria “sangat baik”. Sehingga, media pembelajaran interaktif matematika Augmented Reality (AR) berbantuan Software Unity 3D berbasis Android ini layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media; Augmented Reality (AR); Unity 3D; Pemahaman Konsep Matematis;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Aditia Muhamad
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:18
Last Modified: 12 Feb 2024 02:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84834

Available Versions of this Item

  • Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika Augmented Reality (AR) berbantuan Software Unity 3D berbasis Android dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. (deposited 12 Feb 2024 02:18) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item