Pemberdayaan perempuan korban kekerasan seksual melalui Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Kota Bandung : Studi deskriptif di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandung

Anjani, Awalia (2023) Pemberdayaan perempuan korban kekerasan seksual melalui Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Kota Bandung : Studi deskriptif di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 cover fix.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 abstrak.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3 daftar isi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4 bab I.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5 bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7 dapus (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Kekerasan Seksual di Indonesia pada saat ini masih terus terjadi, dianutnya budaya patriarki di dalam masayarakat Indonesia menjadi salah satu alasan terjadinya kasus kekerasan seksual di Indonesia. Maka dari itu, sangat dibutuhkan pemberdayaan kepada perempuan korban kekerasan seksual, seperti yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandung. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandung menjadi wadah untuk para perempuan Korban Kekerasan Seksual untuk mendapatkan pemberdayaan. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, diantaranya adalah mengetahui proses penyadaran yang dilakukan oleh DP3A Kota Bandung kepada perempuan korban kekerasan seksual, Mengetahui bagaimana proses pembentukan kemampuan korban kekerasan seksual oleh DP3A Kota Bandung dalam hal tertentu, mengetahui bagaimana proses transformasi terhadap pemberdayaan korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh DP3A Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hubungan antar manusia, yang dipelopori oleh Elton Mayo, teori ini menjelaskan bahwa hubungan sosial yang dihasilkan dari interaksi atau hubungan manusiawi sangat penting. Selanjutnya ada dari Karls yaitu teori pemberdayaan perempuan menjelaskan bahwa menyadari dan mengambil aksi untuk mengubah yang menghasilkan persamaan tingkatan antara perempuan dan laki-laki serta partisipasi yang lebih besar dalam hal kekuasaan, pengawasan, dan pengambilan keputusan. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Menurut Moleong (2017:6) Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang situasi yang dihadapi subjek studi, seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll., secara keseluruhan dan secara eksplisit dengan menggunakan berbagai metode alamiah dalam lingkungan alami. Sejalan dengan tema yang ada maka Studi ini menggunakan metode kualitatif, karena menjelaskan secara transparan dan sesuai dengan apa yang terjadi dilapangan tentang bagaimana cara DP3A memberikan pemberdayaan kepada perempuan korban kekerasan seksual diwilayah Kota Bandung. Kesimpulan dari skripsi ini adalah pemberdayaan yang dilakukan oleh DP3A Koata Bandung tentunya diberikan sesuai dengan masing-masing kebutuhan korban kekerasan seksual, dan didalamnya turut serta beberapa instansi yang membantu pelaksanaan pemberdayaan tersebut. Selain itu dengan adanya pemberdayaan, makan korban kekerasan seksual akan sangat terbantu dari segi hukum, ekonomi, kesehatan, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Seksual; Pemberdayaan Perempuan, Dinas Pemberdayaan
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Criminology > Child Abuse
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Awalia Anjani
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:57
Last Modified: 12 Feb 2024 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84850

Actions (login required)

View Item View Item