Hubungan antara pembiasaan budaya antri dengan kedisiplinan anak : Penelitian di kelompok B RA An Nuur Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung

Khairyyah, Siti Nabilah (2023) Hubungan antara pembiasaan budaya antri dengan kedisiplinan anak : Penelitian di kelompok B RA An Nuur Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang muncul di kelompok B RA An Nuur Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung, yaitu peneliti menemukan pada saat pembelajaran anak diminta untuk menjelaskan rasa dari macam-macam makanan. Anak-anak terlihat sangat antusias menunggu giliran untuk dapat mencoba rasa-rasa dari makanan tersebut, namun pada saat kegiatan berlangsung ada beberapa anak yang masih belum disiplin, ada beberapa anak yang sampai naik ke atas meja dan tidak sabar menunggu gilirannya. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara tingginya kegiatan anak pada saat mengantri dengan rendahnya kedisiplinan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pembiasaan budaya antri di kelompok B RA An Nuur Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung, 2) Kedisiplinan anak di kelompok B RA An Nuur Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung, 3) Hubungan antara pembiasaan budaya antri dengan kedisiplinan anak di Kelompok B RA An Nuur Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek dalam pelaksanaan ini adalah anak Kelompok B RA An Nuur Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan unjuk kerja. Hasil analisis data pada variabel pembiasaan budaya antri (variabel X) diperoleh nilai rata-rata sebanyak 72. Nilai tersebut masuk dalam interval 70 – 79 dengan kategori baik. Sedangkan analisis data pada kedisiplinan anak (variabel Y) diperoleh nilai rata-rata sebanyak 82. Nilai tersebut masuk dalam interval 80 – 100 yang artinya masuk kedalam kategori sangat baik. Hubungan antara pembiasaan budaya antri dengan kedisiplinan anak di kelompok B RA An Nuur Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,72 berada pada interval koefisien korelasi dalam rentang 0,600-0,799 dengan kategori kuat/tinggi. Hasil uji signifikansi diperoleh harga thitung 4,751 > 2,080 ttabel, maka dapat diinterpretasikan H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Dengan kata lain, pembiasaan budaya antri memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kedisiplinan anak di kelompok B RA An Nuur Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Selain itu perhitungan determinasi pembiasaan budaya antri memberikan kontribusi sebanyak 31% terhadap kedisiplinan anak di kelompok B RA An Nuur Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Sedangkan 69% lagi menyatakan bahwa kedisiplinan anak dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan; Budaya Antri, Kedisiplinan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: SITI NABILAH KHAIRIYYAH
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:24
Last Modified: 12 Feb 2024 04:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84875

Actions (login required)

View Item View Item