Pola komunikasi Tabligh komunitas Halal Corner di Kota Bogor dalam menyampaikan pesan tentang produk halal

Shifa, Amira Nadha (2023) Pola komunikasi Tabligh komunitas Halal Corner di Kota Bogor dalam menyampaikan pesan tentang produk halal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Halal merupakan kebutuhan mendasar bagi umat muslim. Kesadaran halal perlu ditingkatkan, melihat permasalahan yang terjadi di masyarakat seperti restoran no pork no lard yang belum tentu menjamin kehalalan, terdapat titik kritis pada produk halal, rendahnya rumah pemotongan hewan yang telah bersertifikat halal, dan lainnya. Indonesia menerapkan kebijakan wajib halal maksimal 17 Oktober 2024. Peneliti menemukan Komunitas Halal Corner yang mentablighkan pentingnya halal secara online dan offline melalui berbagai programnya, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pola komunikasi tabligh Komunitas Halal Corner dalam menyampaikan pesan tentang produk halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang dilakukan Komunitas Halal Corner dalam menyampaikan pesan tentang produk halal. Sehingga berfokus pada pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi linear dan pola komunikasi sirkular. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi Everett M. Rogers tahun 1962 dan pola komunikasi. Komunitas Halal Corner melaksanakan tabligh melalui difusi inovasi atau penyebaran ide-ide baru dengan menggunakan beberapa pola komunikasi dalam menyampaikan pesan tentang produk halal. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme yang menganggap bahwa realitas sosial merupakan hasil konstruksi dari suatu kelompok atau individu melalui interaksi dan pengalaman mereka, pendekatan kualitatif dan metode deskriptif karena hanya mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi Komunitas Halal Corner melalui kata-kata, foto, bukan angka. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam menyampaikan pesan tentang produk halal, pola komunikasi primer yang digunakan adalah lambang verbal berupa bahasa Indonesia dan kata-kata berupa qaulan baligha (lugas), qaulan maysura (mudah dimengerti), qaulan sadida (benar) dan lambang nirverbal berupa logo halal, alat peraga. Pola komunikasi sekunder berupa wasilah ma’nawiyah dan madiyah serta media sosial. Pola komunikasi linear pada website dan sebar kuas halal. Pola komunikasi sirkular pada kegiatan kajian, edukasi halal, diskusi, serta interaksi media sosial. Kemudian, kata-kata dan bahasa disesuaikan dengan komunikan, terdapat penggunaan alat peraga boneka saat menyampaikan kepada anak-anak, pengemasan konten sesuai karakteristik media, penyampaian pesan secara linear melalui website, serta antusias komunikan yang tinggi. Penelitian ini memiliki implikasi akademik sebagai referensi dan acuan penelitian selanjutnya, implikasi praktis pengembangan komunitas, dan implikasi sosial menambah wawasan pembaca serta meningkatkan kesadaran halal dan thayyib.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pola komunikasi; tabligh; komunitas; produk halal;
Subjects: Islam
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Communities
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Amira Nadha Shifa
Date Deposited: 13 Feb 2024 00:41
Last Modified: 13 Feb 2024 00:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84887

Actions (login required)

View Item View Item