Solidaritas sosial melalui tradisi Tawasulan : Studi di Kampung Keramat Batok Desa Jayabakti Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi

Fauziyah, Fitri (2023) Solidaritas sosial melalui tradisi Tawasulan : Studi di Kampung Keramat Batok Desa Jayabakti Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Tradisi Tawasulan merupakan kegiatan memohon atau berdoa kepada Allah SWT, melalui perantara nama seseorang yang dianggap suci dan dekat dengan Allah SWT. Tradisi Tawasul yang dilaksanakan oleh masyarakat Keramat Batok ini adalah jenis Tawasul dengan yang mempunyai keutamaan atau dengan orang shaleh, yaitu di tempat itu ada makam Kiai Gabid, seorang ulama soleh terkemuka dari Kerajaan Sumedang Larang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah Tradisi Tawasulan, proses pelaksanaan Tradisi Tawasulan, faktor pendukung dan penghambat lestarinya Tradisi Tawasulan dan juga implementasi solidaritas sosial melalui Tradisi Tawasulan di Kampung Keramat Batok Desa Jayabakti Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Peneliti menggunakan Teori Solidaritas Sosial Emile Durkheim yang menekankan pada keadaan individu atau kelompok yang mendasari keterikatan bersama dalam kehidupan dengan didukung nilai-nilai moral dan kepercayaan yang hidup di masyarakat. Peneliti melihat tingkat kebersamaan dalam anggota masyarakat yang berperan dalam meningkatkan solidaritas. Jadi terbentuknya solidaritas karena memiliki kesamaan baik itu dari latar belakang yang sama, kepercayaan yang sama, dan diperkuat dengan pengalaman emosional bersama. Jika tidak memiliki kesamaan dalam hal apapun maka akan terasa sulit untuk terciptanya solidaritas sosial pada hubungan antara individu atau kelompok. Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Kampung Keramat Batok Desa Jayabakti Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada Pemerintahan Desa Jayabakti, Juru Kunci Keramat Batok, Tokoh Agama dan masyarakat Kampung Keramat Batok. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tradisi Tawasulan berdampak pada tingkat solidaritas sosial yang dimunculkan warganya melaksanakan kegiatan tersebut. Ustadz Saripudin merupakan bentuk ketauladanan dan kepemimpinan di mana akhirnya memunculkan kehidupan masyarakat yang harmoni dan penuh kedamaian di Kampung Keramat Batok Desa Jayabakti Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial; Tradisi Tawasulan; Keramat Batok;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Communities
Customs of People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fitri Fauziyah
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:13
Last Modified: 13 Feb 2024 07:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84914

Actions (login required)

View Item View Item