Pilihan rasional anak dalam memilih pasangan hidup : Studi deskriptif di Rukun Warga 15 Perumahan Bekasi Timur Regensi Kota Bekasi

Salsabila, Khalisa (2023) Pilihan rasional anak dalam memilih pasangan hidup : Studi deskriptif di Rukun Warga 15 Perumahan Bekasi Timur Regensi Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER_2023_KHALISA SALSABILA_1198030126.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK_SKRIPSI_KHALISA SALSABILA_1198030126.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI_SKRIPSI_KHALISA SALSABILA_1198030126.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I_SKRIPSI_KHALISA SALSABILA_1198030126.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II_SKRIPSI_KHALISA SALSABILA_1198030126.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III_SKRIPSI_KHALISA SALSABILA_1198030126.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV_SKRIPSI_KHALISA SALSABILA_1198030126.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V_SKRIPSI_KHALISA SALSABILA_1198030126.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_KHALISA SALSABILA_1198030126.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

Bagi masyarakat yang belum menikah, memiliki kriteria calon pasangan hidup merupakan suatu hal yang wajar. Berbagai hal dapat dijadikan kriteria dalam mencari pasangan hidup tergantung dengan bagaimana masyarakat memilih dan menyikapinya dalam menyeimbangkan dengan dirinya, begitupun yang dilakukan oleh masyarakat RW 15 Perumahan Bekasi Timur Regensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masyarakat RW 15 Perumahan Bekasi Timur Regensi yang belum menikah memilih kriteria calon pasangan hidupnya dengan berbagai referensi yang tersedia serta tanggapannya terkait dampak pola asuh yang diterima dan stereotype yang beredar mengenai posisi seorang anak dalam keluarga yang acap kali dikaitkan dengan kepribadiannya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Pilihan Rasional milik James Coleman. Teori ini merupakan teori sosial yang menjelaskan bahwa individu akan memilih pilihan dan tindakan yang dianggapnya rasional atau masuk akal untuk mencapai tujuannya. Dimana dalam teori ini terdapat dua hal yang penting bagi Coleman yaitu aktor dan sumber daya yang akan selalu beriringan dalam mencapai tujuan yang dimaksudkannya. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dan diperoleh merupakan hasil data dari data primer berupa hasil wawancara mendalam dengan informan serta observasi yang dilakukan, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan skripsi terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara mendalam (In-Depth Interview), Observasi, dan kajian pustaka. Terkait teknik analisis data yang digunakan, peneliti menggunakan tahap teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat Rukun Warga (RW) 15 Perumahan Bekasi Timur Regensi menilai bahwa stereotype tidak dapat dijadikan acuan dalam menilai kepribadian seseorang, terlebih lagi terkait posisi seorang anak dalam keluarga. Hal tersebut menjadikan masyarakat cenderung mengutamakan preferensi lainnya yang tersedia untuk dijadikan kriteria pasangan hidup yang sesuai. Kebebasan untuk memilih kriteria calon pasangan hidup yang dirasakan masyarakat juga merupakan bentuk sumbangsih dampak yang diberikan dari pola asuh orang tua di rumah. Masyarakat yang berperan sebagai aktor dalam penelitian ini berusaha mencapai tujuannya dengan memaksimalkan sumber daya yang tersedia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pasangan hidup; pilihan rasional; pola asuh; stereotype;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions > Parenthood
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Khalisa Salsabila
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:18
Last Modified: 15 Feb 2024 06:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84931

Actions (login required)

View Item View Item