Pengembangan Google Sites sebagai media pembelajaran matematika berbantuan Software Geogebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV)

Ilhami, Iil Milki (2023) Pengembangan Google Sites sebagai media pembelajaran matematika berbantuan Software Geogebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan tantangan pembelajaran matematika yang seringkali dianggap sulit dan abstrak oleh peserta didik, termasuk materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Memanfaatkan teknologi internet sebagai media pembelajaran dapat menjadi solusi alternatif terhadap tantangan tersebut, diantaranya dengan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis website e-learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan google sites berbantuan software geogebra pada materi SPLDV, validitas media pembelajaran matematika menggunakan google sites berbantuan software geogebra pada materi SPLDV, keefektifan media pembelajaran matematika menggunakan google sites berbantuan software geogebra pada materi SPLDV, serta keefektifan media pembelajaran matematika menggunakan google sites berbantuan software geogebra pada materi SPLDV. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Borg dan Gall dengan mereduksi tahapannya menjadi 7, yaitu: identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil dari penelitian ini adalah proses pengembangan media pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan model Borg dan Gall yang direkduksi menjadi 7 tahpan, hasil pengembangan google sites sebagai media pembelajaran matematika berbantuan software geogebra pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang telah diuji validitas oleh ahli dengan kategori sangat valid, respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran, serta hasil tes belajar peserta didik menunjukan penggunaan google sites sebagai media pembelajaran matematika berbantuan software geogebra pada materi SPLDV yang dikembangkan dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Google Sites; Goegebra, SPLDV
Subjects: Algebra > Algebra Combined with Other Brances
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Iil Milky Ilhami
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:16
Last Modified: 19 Feb 2024 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84970

Actions (login required)

View Item View Item