Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi kalor: Penelitian pada siswa kelas VII SMPN 1 Rengasdengklok Karawang

Sandria, Feri (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi kalor: Penelitian pada siswa kelas VII SMPN 1 Rengasdengklok Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada hasil survey kepada siswa kelas VII-A SMPN 1 Rengasdengklok Karawang, dengan cara memberikan 10 butir soal penguasaan konsep diantaranya tiga soal materi besaran dan pengukuran dengan diperoleh rata-rata nilai 2,45 dengan skor maksimal 10, tiga soal materi zat dan wujudnya dengan rata-rata nilai 2,07 dengan skor maksimal 10, dan empat soal materi kalor dengan rata-rata nilai 1,61 dengan skor maksimal 10. Dapat disimpulkan kurangnya penguasaan konsep siswa pada materi kalor. Kurangnya penguasaan konsep siswa disebabkan karena kedudukan dan fungsi guru dalam kegiatan pembelajaran fisika yang memegang peran dominan, sehingga guru berfungsi sebagai sumber belajar dan pemegang otoritas tertinggi keilmuan, sehingga siswa pasif, kurang mandiri dan bergantung kepada guru dalam memperoleh materi pembelajaran. Salah satu solusi alternatifnya adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TTW yang dinilai dapat memacu keaktifan siswa dan pembelajaran yang berpusat pada siswa serta mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran TTW untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi kalor, (2) mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran TTW pada materi kalor. Metode penelitiannya adalah pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMPN 1 Rengasdengklok Karawang. Populasi seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 19 kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dimana sempel yang diambil adalah kelas VII-A sebanyak 24 siswa. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan penguasaan konsep siswa melalui tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran TTW mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 87% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Begitu juga terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diterapkannya model pembelajaran TTW dengan peningkatan sebesar 0,40 yang termasuk kedalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran TTW dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW); Siswa; Materi Kalor;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Heat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 03:30
Last Modified: 22 Jul 2019 08:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item