Pengaruh Ukuran Perusahaan, Opini Audit dan Profitabilitas terhadap Audit Delay : Studi kasus pada perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2022

Nurriyah, Laela Sinta (2023) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Opini Audit dan Profitabilitas terhadap Audit Delay : Studi kasus pada perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djat Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya rentang waktu yang dibutuhkan oleh seorang auditor independent dalam menyelesaikan pekerjaan auditannya dikarenakan dapat mempengaruhi ketepatan waktu suatu perusahaan dalam menyampaikan suatu laporan keuangan supaya informasi dalam laporan tersebut bisa menjadi relevan dan dapat diandalkan. Hanya saja fenomena yang terjadi di lapangan cenderung menunjukkan bahwa masih banyak perusahaan yang terlambat dalam menyampaikan laporan keuangan auditannya kepada publik sehingga menyebabkan informasinya kurang relevan. Jakarta Islamic Index merupakan salah satu indeks saham yang ada di Indonesia untuk jenis yang memenuhi kriteria syariah dengan memiliki tujuan meningkatkan kepercayaan kepada investor dalam melakukan investasi saham yang berbasis syariah. Adapun tujuan dengan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh ukuran perusahaan, opini audit dan profitabilitas secara secara parsial dan simultan terhadap audit delay studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2022. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dalam teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan terdapat sebanyak 10 perusahaan dengan periode 5 tahun atau sebanyak 50 data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dan laporan audit keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta islamic index (JII) periode 2018-2022. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji linear berganda, analisis koefisien determinasi (R2) dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Keseluruhan proses pengolahan data menggunakan bantuan program IBM SPSS statistics 26 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan, opini audit dan profitabilitas dengan menggunakan return on asset tidak berpengaruh secara signifkan terhadap audit delay. Secara simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, opini audit dan profitabilitas secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay dengan hasil uji koefisien determinasi (R2) nilai R square sebesar 0,129 atau 12,9% artinya ketiga variabel tersebut hanya mampu mempengaruhi audit delay hanya sebesar 12,9% dan 87,1% oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan; Opini audit; profitabilitas; audit delay
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Laela Sinta Nurriyah
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:51
Last Modified: 21 Feb 2024 03:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85001

Actions (login required)

View Item View Item