Pemahaman siswa terhadap materi hubbud dunya, hasad, ujub, sombong, riya' hubungannya dengan akhlak mereka di Sekolah : Penelitian pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Insan Mandiri Cikutra Bandung

Agustin, Sonia (2023) Pemahaman siswa terhadap materi hubbud dunya, hasad, ujub, sombong, riya' hubungannya dengan akhlak mereka di Sekolah : Penelitian pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Insan Mandiri Cikutra Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Sonia Agustin (1192020235). Pemahaman Siswa Terhadap Materi Hubbud dunya, Hasad, Ujub, Sombong, Riya’ Hubungannya dengan Akhlak Mereka di Sekolah. (Penelitian pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Insan Mandiri Cikutra Bandung). Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang baiknya akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Berdasarkan studi pendahuluan pada kelas X di MA Insan Mandiri Cikutra Bandung pada pelajaran akidah akhlak salah satunya materi akhlak tercela (hubbud dunya, hasad, ujub, sombong, riya) diperoleh beberapa siswa yang masih melalaikan ibadahnya, berbicara kasar terhadap teman, bersikap sombong kepada sesama teman. Peneliti melihat akhlak siswa di sekolah memiliki akhlak yang bemacam-macam mulai dari yang baik sampai yang kurang baik. Tujuan dari materi ini adalah siswa diharapkan mampu memahami hingga dapat merubah tingkah laku ke arah yang lebih baik, karena pemahaman yang baik dapat mendorong seseorang untuk dapat menerapkan apa yang dimengerti dan dipahami. Hal tersebut menarik untuk diteliti mengenai adakah hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi hubbud dunya, hasad, ujub, sombong, riya’ dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa terhadap materi hubbud dunya, hasad, ujub, sombong,riya, 2) Akhlak siswa kelas X MA Insan Mandiri Cikutra Bandung, 3) Hubungan pemahaman siswa terhadap materi hubbud dunya, hasad, ujub, sombong, riya’ dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini bertolak dari kajian teoretis yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi akhlak diantaranya pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap teori-teori atau materi yang berhubungan dengan akhlak. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi hubbud dunya, hasad, ujub, sombong, riya’ dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden 40 siswa kelas X MA Insan Mandiri Cikutra Bandung. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitaif menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi hubbud dunya, hasad, ujub, sombong, riya’ berkategori sedang dengan peroleh skor 63,94 yang berada pada interval 60-69. 2) Realitas akhlak siswa kelas X MA Insan Mandiri Cikutra Bandung berkategori sangat tinggi dengan perolehan skor 4,5 berada pada interval 4,5 – 5,0. 3) Hubungan pemahaman siswa terhadap materi hubbud dunya, hasad, ujub, sombong, riya’ dengan akhlak kelas X MA Insan Mandiri Cikutra Bandung berada pada kategori sangat rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,002 berada pada interval 0,000 – 0,199, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) ditolak. Pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y sebesar 1% dan sisanya 99% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Materi Hubbud dunya, Hasad, Ujub, Sombong, Riya' dan Akhlak
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sonia Agustin
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:19
Last Modified: 23 Feb 2024 06:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85026

Actions (login required)

View Item View Item