Pelaksanaan pengawasan dan tindakan Kementrian Luar Negeri terhadap Imigran Ilegal warga negara Indonesia di Kuala Lumpur Malaysia berdasarkan Undang-Undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian dalam perspektif Siyasah Dauliyah

Hasanah, Fika Uswatun (2023) Pelaksanaan pengawasan dan tindakan Kementrian Luar Negeri terhadap Imigran Ilegal warga negara Indonesia di Kuala Lumpur Malaysia berdasarkan Undang-Undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian dalam perspektif Siyasah Dauliyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian tercantum pada pasal 8 (1) bahwa setiap orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia wajib memiliki dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku. Namun pada kenyataannya masih ditemukan 239 warga negara Indoneisa terpaksa dipulangkan yang disebabkan dokumen perjalanan yang tidak sah dan sudah tidak berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apa faktor-faktor yang melatar belakangi timbulnnya imigran illegal warga negara Indonesia di Malaysia. 2) mengatahui mekanisme pengawasan dan tindakan terhadap imigran illegal warga negara Indonesia di Kuala Lumpur Malaysia berdasarkan undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian. 3) Mengetahui tinjauan siyasah dauliyah terhadap pelaksanaan pengawasan dan tindakan imigran illegal warga negara Indonesia di Kuala Lumpur Malaysia. Penulis menggunakan beberapa teori dalam penulisan ini, diantaranya: teori pengawasan, teori tanggung jawab negara, dan ditinjau dari teori siyasah dauliyah untuk mewujudkan perdamaian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris yang terdiri atas sumber data primer yang diambil dari peraturan perundang-undangan, data sekunder, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dari penelitian ini yaitu: 1) faktor yang mempengaruhi timbulnya imigran illegal dikarenakan biaya mengurus dokumen yang mahal, proses mengurus dokumen yang rumit, permasalahan ekonomi, koneksi kelurga dan sindikat perdagangan orang. 2) Pengawasan operasional dilakukan dengan melakukan kegiatan rutin dan operasi di lapangan dengan melakukan serangkaian pemantauan atau penyelidikan secara wawancara, pengamatan dan penggambaran, pengintaian, penyadapan, pemotretan, penyurupan, penjejakan, penyusupan, penggunaan informasi dan kegiatan lainnya. 3) ditinjau dari siyasah dauliyah pelaksaan pengawasan dan tindakan kementerian luar negeri terhadap imigran illegal wni di Malaysia sudah sesuai dengan dasar dasar siyasah dauliyah yaitu al-ta’awwun dilihat dari adanya kerjasama antara kepemerintahan Indonesia dan Malaysia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan; Imigran illegal; Siyasah Dauliyah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Internasional Islam
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Fika Uswatun Hasanah
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:53
Last Modified: 22 Feb 2024 04:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85045

Actions (login required)

View Item View Item